Sujiwo Tejo Minta Dibujuk Supaya Sholat, Ini yang Dilakukan Ustaz Das'ad Latif

Sujiwo Tejo
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

JAKARTA – Keyakinan seorang publik figur kerap menjadi sorotan publik, bahkan caranya menjalankan kewajiban dalam beragama pun turut menuai perhatian. Seperti halnya budayawan Sujiwo Tejo yang jika dilihat dari penampilan luarnya selalu nyentrik dengan topi dan rambut gondrongnya.

Uighur di Bawah Bayang-Bayang Beijing, Identitas Islam Dihapus Paksa

Pria berusia 61 tahun itu terlahir sebagai seorang muslim yang mengetahui syariat agama. Namun, Sujiwo Tejo mengakui bahwa ia sudah melakukan banyak amal kebaikan dan ibadah kecuali sholat.

Budayawan Sujiwo Tejo.

Photo :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club
Wamenkominfo: Banyak Ormas Islam Setuju Azan Lewat Running Text saat Misa Akbar

Sujiwo Tejo pun meminta Ustaz Das'ad Latif untuk memberikan penjelasan padanya dan membujuknya agar mau melakukan rukun islam tersebut.

"Tolong bujuk saya supaya sholat, puasa saya lakukan semua saya lakukan kecuali sholat," kata Sujiwo Tejo, dikutip dari TikTok @queenara.bilqis, Selasa 26 September 2023.

Marshanda Lakukan Hal Ini Hingga Berhasil Turunkan Berat Badan Sampai 20 Kg

Mendengar pernyataan dari Sujiwo Tejo itu, Ustaz Das'ad Latif hanya tersenyum tipis sambil memberikan penjelasan tentang asal usul perintah sholat yang diturunkan oleh Allah SWT.

Sholat memang menjadi salah satu ibadah wajib yang paling spesial dalam agama islam, dibuktikan dengan cara Allah SWT menurunkan perintah kepada Rasul-Nya.

"Ketika Allah SWT perintahkan ibadah-ibadah yang lain itu cukup perintah ayat saja yang turun," kata Das'ad Latif.

Ada beberapa ibadah yang diturunkan perintahnya hanya melalui ayat Al-Qur'an saja seperti puasa dan zakat. Namun, perintah sholat diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW yang dijemput oleh malaikat untuk menghadap Allah SWT.

Budayawan Sujiwo Tedjo dalam acara Catatan Demokrasi tvOne

Photo :
  • Youtube tvOne

"Tapi ketika Allah perintah sholat, ngga boleh ayat turun, Nabi dijemput oleh dua malaikat kemudian diajak naik ketemu dengan Allah untuk menerima perintah ini," tambahnya.

Ustadz Das'ad Latif menjelaskan alasan mengapa Allah SWT memanggil langsung utusanNya untuk mendapatkan perintah sholat yakni karena ibadah tersebut adalah yang paling penting bagi umat muslim

Ibadah lainnya seperti haji, zakat, dan puasa bisa saja dilakukan bersamaan dengan aktivitas yang lain. Akan tetapi sholat membutuhkan waktu khusus dan tidak boleh disambi melakukan hal lainnya selain gerakan dan bacaan dalam rukun sholat. Apabila melakukan hal lain di luar rukun sholat, maka dipastikan sholat orang itu dianggap batal.

"Inilah puncak penghambaan kepada Allah, jadi puncak penghambaan kalau saya mengaku hamba, sholat" ujar Ustaz Das'ad Latif.

Lebih lanjut, Ustaz Das'ad Latif menjelaskan bahwa ketika sholat seorang hamba akan merendahkan diri di hadapan Tuhannya. Ketika bersujud, orang akan merendahkan satu-satunya bagian tubuh yang menjadi harga diri tertingginya yakni kepala setara dengan kakinya sendiri.

Jika biasanya seseorang akan sangat marah ketika kepalanya dipukul atau disentuh oleh orang lain karena merasa direndahkan harga dirinya, namun ketika sholat manusia justru merendahkan dirinya sendiri di hadapan Allah SWT.

Maka dari itu, sholat menjadi sebuah pengakuan seorang manusia untuk mengagungkan Allah SWT.

"Ketika kita sholat, anggota tubuh yang paling mulia, kepala, rendahkan seperti kakimu," kata Ustaz Das'ad Latif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya