Jadi Brand Ambassador, Vicky Prasetyo Ikut Somasi Pihak yang Palsukan Produk

Vicky Prasetyo
Sumber :
  • Instagram @vickyprasetyo777

VIVA Showbiz – Vicky Prasetyo bersama Sendi Siswanto, owner Kojic Plankton, melayangkan somasi terbuka dan ancaman gugatan hukum kepada para pembuat konten, Tiktokers, agensi, dan seluruh pihak yang masih mempromosikan merek sabun yang diduga melakukan black campaign, serta para pemalsu produk Kojic Plankton.

Tingkatkan Kualitas Layanan dengan Percepatan Transformasi Digital

Sendi menemukan di TikTok ada pihak-pihak yang mempromosikan produknya dengan menghubung-hubungkan produk Kojic Plankton dengan produk tersebut, dengan nama dan bentuk kemasan menyerupai produk buatannya. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Lewat kuasa hukumnya, Sendi juga memberikan peringatan kepada para pihak yang melakukan pemalsuan produk Kojic Plankton. Ia tak segan akan menempuh jalur hukum.

Video Viral Keluhan Konsumen Pikap Esemka, Suku Cadang Sulit Ditemukan

“Memberikan somasi terbuka kepada brand-brand sejenis, para afiliator, Tiktokers, agensi dan seluruh pihak yang masih memasarkan produk dengan cara menghubungkan dengan produk Kojic Plankton dengan produk yang lain," kata Rozhi Ananda Sitepu dalam konferensi pers, baru-baru ini.

5 Kritik Ferry Irwandi ke Willie Salim: dari Konten Giveaway hingga Kebohongan soal Pendapatan Rp1 M

"Dan untuk para pemalsu produk Kojic Plankton, kami tegaskan mulai hari ini kami akan mengambil langkah yang serius dan menuntut Anda baik secara perdata maupun pidana," sambungnya.

Sebelumnya, Sendi bersama timnya telah menelusuri sejumlah toko online di e-commerce yang menjual produk palsu, serta akun-akun di TikTok yang kerap mempromosikan produk dengan menghubung-hubungkan produk Kojic Plankton dengan produk yang memiliki kemiripan dengan produknya.

Menurut Sendi, ada juga pihak yang diduga dengan sadar menggunakan hashtag nama brand dari Kojic Plankton yaitu #kojicplankton. Ia juga menyebut pihak tersebut kerap membandingkan produk Kojic Plankton dengan memberikan informasi bahwa Kojic Plankton memiliki keterkaitan dengan produk tersebut.

“Saya merasa sangat dirugikan dengan adanya pihak-pihak yang memasarkan produk dengan cara menghubungkan atau black campaign merek kami dengan menyebarkan berita hoax dan dengan adanya para pemalsu produk Kojic Plankton. Saya sudah meminta kuasa hukum saya untuk menuntut pihak-pihak yang merugikan saya baik melalui pidana maupun secara perdata,” kata Sendi.

Sendi dan timnya telah melayangkan somasi ke pihak-pihak terkait pada Agustus 2023 lalu, namun hasilnya minim. Kuasa hukum Sendi lainnya, Rahman Syawal Rusman, juga membenarkan soal somasi tersebut.

“Kami berharap agar masyarakat tidak terkecoh produk palsu dengan kemasan menyerupai, harus pandai-pandai, teliti. Satu lagi untuk content creator, berhati-hati dalam berucap, terutama dalam mempromosikan barang,” kata Rahman.

Vicky Prasetyo, Brand Ambassador dari produk Kojic Plankton, juga buka suara soal ini. Dalam konferensi pers yang sama, Vicky bercerita bahwa banyak pengguna yang bertanya kepada dirinya soal kebenaran informasi perubahan kemasan Kojic Plankton. 

“Ataupun hal-hal lain yang sebenarnya itu bukan produk klien kami yang sebenarnya,” katanya.

“Untuk lainnya yang memang banyak juga yang menggunakan promosi menggunakan cara yang tidak baik atau hal yang merugikan produk klien kami. Wajar saja, penjualan produk Kojic Plankton meroket setiap bulannya, tapi tetap kami akan proses secara hukum. Semoga ke depannya buat konsumen-konsumen lebih dewasa dan lebih cerdas dalam memilih produk," imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya