Lulus S1, Mulan Jameela Curhat Susah Dapat Izin Suami Hingga Harus Kuliah Daring

Mulan Jameela.
Sumber :
  • Instagram @mulanjameela1

VIVA Showbiz – ?Mulan Jameela tengah berbahagia setelah menuntaskan pendidikan sarjananya pada 30 Oktober 2022 lalu. Menjadi seorang publik figur yang aktif di media sosial sekaligus terjun ke dunia politik tidak membuat Mulan lantas puas dengan apa yang telah diraihnya.

Soal Pembagian Rumah ke Anak-anaknya, Ini Tanggapan Maia Estianty

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak tahun 2019 itu masih haus akan pendidikan yang telah lama ingin digapainya meskipun sulit mendapatkan izin dari sang suami Ahmad Dhani.

Mulan Jameela mengunggah foto mengenakan toga bersama Ahmad Dhani dan anak-anaknya di Instagram. Ia pun menceritakan secuil perjalanannya hingga bisa menyandang gelar sarjana yang sebelumnya tidak diberi restu oleh sang suami.

Masa Kuliah Mahasiswa Bisa Dipersingkat Lewat Program RPL

Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela

Photo :
  • DPR RI

"Bertahun-tahun minta izin suami, akhirnya dapet izin juga di tahun 2018. Sambil pelan-pelan cari perguruan tinggi yang sesuai sama jurusan aku, qodarullah bertemu @universitaskebangsaan.ri," tulis @mulanjameela1, dikutip Selasa 1 November 2022.

Skripsi Rampung Satu Bulan, Dinar Candy Gelagapan saat Ditanya Judul

Setelah mendapatkan izin dari Ahmad Dhani, Mulan memantapkan diri untuk mencari perguruan tinggi yang sesuai dengan bidangnya. Ia pun melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Kebangsaan RI dan melewati banyak tantangan sebagai mahasiswa.

Sebelumnya, ibu tiri Al Ghazali itu sempat mengenyam bangku perkuliahan. Sayangnya pendidikannya saat itu sempat terhenti sangat lama di waktu-waktu terakhir sebelum kelulusan.

"Melanjutkan pendidikan S1 aku di sana setelah melewati banyak fase-fase kehidupan. Dan menyelesaikan kuliah yang dulu terhenti lumayan panjang, padahal dulu cuma tinggal nyusun skripsi doang," sambungnya.

Di usianya yang tidak muda lagi, Mulan Jameela menyadari bahwa tidak pernah terlambat bagi siapapun untuk belajar dan berpendidikan. Seperti dirinya yang memiliki keinginan dan usaha, akhirnya berhasil menuntaskan pendidikan tinggi di universitas.

"Ternyata tak ada kata terlambat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Selagi ada kemauan dan usaha, insya Allah kita bisa," kata Mulan Jameela.

Kesuksesannya menyandang gelar sarjana tentu tidak terlepas dari dukungan orang-orang di sekitarnya. Mulai dari keluarga hingga teman-teman yang selalu membuatnya bersemangat.

"Makasih support sistemku yang luar biasa, suami, anak-anak dan team A96. Kalian terbaik. Terutama Tiara dan Daffy, kalian bantu bunda banget sayang-sayangku," kata Mulan Jameela.

Rupanya Mulan Jameela juga termasuk mahasiswa generasi COVID-19 alias yang kuliah secara daring karena tidak memungkinkan datang ke kampus di saat pandemi melanda. 

Apalagi dengan keterbatasan wawasannya di dunia teknologi, Mulan mengaku cukup kesulitan karena harus mengikuti pelajaran menggunakan berbagai aplikasi.

"Kebayang dong sekolah di zaman pandemi ini kudu kuliah daring pake aplikasi yang lumayan bikin mumet. Secara emak-emak kan gaptek banget yah. Pokoknya bunda cinta kalian banget," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya