Ki Manteb Sudharsono Sempat Dinyatakan Positif COVID-19

Ki Manteb Sudarsono
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Dalang kondang, Ki Manteb Sudharsono meninggal Jumat, 2 Juli 2021. Jenazah Ki Manteb bakal dimakamkan sesuai dengan protokol COVID-19.

Seniman dan Dalang Nusantara Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Kabar duka ini disampaikan oleh Seno Nugroho, Sekretaris Paguyuban Dalan Surakarta (Padasuka). Ia mendapatkan kabar duka itu dari istri Ki Manteb Sudharsono.

"Saya mendapat informasi itu sekitar pukul 09.45 di WA. Kemudian saya tanyakan langsung ke istri beliau, karena nggak segera ditanggapi, saya kemudian telepon istri beliau. Saya telepon di sana sudah tangisan," kata Ki Seno, Jumat, 2 Juli 2021.

Ki Warseno Slenk Minta Maaf Buntut Pentas Wayang di Ponpes Gus Miftah

Ia kemudian menginformasikan kabar tersebut kepada putra Ki Manteb Sudharsono. Sang putra membenarkan jika Ki Manteb meninggal. "Meninggalnya di rumah (Karangpandan, Karanganyar)," ucapnya. 

Mengenai penyebab meninggal, ia tidak tahu pasti. Namun, berdasarkan informasi yang Ki Seno terima dari putra Ki Manteb, bahwa pemulasaran jenazah sesuai protokol COVID-19.

Viral Wayang Mirip Khalid Basalamah Dipukuli, Ustaz Derry: Kelewatan!

"Dinyatakan positif, menurut informasi putranya," tuturnya. 

Ia sendiri tidak mengetahui jika Ki Manteb terbaring sakit. Informasi yang dia terima terakhir adalah Ki Manteb baru pulang dari Jakarta pada Senin kemarin.

"Sama sekali nggak mireng (dengar) kalau sakit. Ada informasi dari teman, kalau beliau kondur (pulang) dari Jakarta," kata dia. 

Dalang Ki Manteb Sudarsono lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Ki Manteb mendapat julukan ‘Dalang Setan’ lantaran kecepatannya memainkan tokoh wayang.

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Dapat Hibah Wayang Kulit Ki Manteb

Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho menerima hibah wayang kulit dan gamelan sepeninggalan almarhum Ki Manteb Soedarsono. Hibah diberikan oleh istri almarhum.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2023