Mengenang Marissa Haque, Ini 6 Film Ikoniknya di Era 1980 dan 90-an

Marissa Haque dulu dan sekarang
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Duka tengah menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior sekaligus politikus, Marissa Haque, meninggal dunia pada Rabu, 2 Oktober 2024, sekitar pukul 02.00 dini hari. 

Rano Karno Ungkap Kesibukan Marissa Haque Sebelum Meninggal

Kepergian Marissa menyisakan duka mendalam, terutama bagi keluarga dan para penggemarnya yang selama ini mengikuti kiprahnya di dunia hiburan. Scroll untuk info lebih lanjut...

Berita meninggalnya Marissa disampaikan langsung oleh sang putri, Chiki Fawzi, melalui unggahan di Instagram pribadinya. "Telah berpulang ke rahmatullah ibu Marissa ibu saya," tulis Chiki dalam unggahan tersebut. 

Bintangi Sederet Judul Film, Marissa Haque Raih Piala Citra Festival Film Indonesia Tahun 1985

"I love you soooo muchhh ibuuuu!!!" tulisnya lagi sambil membagikan fotonya yang sedang menggenggam tangan sang ibu.

Sebagaimana diketahui, sosok Marissa Haque bukan hanya dikenal sebagai ibu dan politikus, tetapi juga salah satu aktris lawas di industri film Indonesia. Dia telah membintangi sejumlah film ikonik di era 1980-an hingga 1990-an, yang membuat namanya dikenal luas oleh masyarakat. 

Kembang Semusim Jadi Kenangan Tak Terlupakan Rano Karno dengan Marissa Haque

Berikut ini deretan film ikonik Marissa Haque yang menjadi sorotan sepanjang kariernya.

Film-film Marissa Haque 


1. Kembang Semusim (1980)

Di urutan pertama, ada Kembang Semusim. Ini adalah film debut Marissa di industri perfilman Tanah Air. Dalam film ini, dia memerankan karakter Mirna, yang berhasil memperkenalkan dirinya sebagai aktris baru.

2. Bawalah Aku Pergi (1981)

Di tahun berikutnya, Marissa kembali berakting dalam film Bawalah Aku Pergi. Di film ini, dia berperan sebagai Kartika. Perannya dalam film ini semakin memantapkan kariernya di industri hiburan Tanah Air.

3. Tinggal Landas Buat Kekasih (1984)

Selanjutnya, Marissa memerankan karakter Lia dalam film Tinggal Landas Buat Kekasih. Film bahkan berhasil mengantarkannya meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 1985. Tak hanya itu, film ini juga mempertemukannya dengan sang suami, Ikang Fawzi.

4. Sebening Kaca (1985)

Lalu, ada film Sebening Kaca yang rilis di tahun 1985. Di film ini, Marissa berperan sebagai Yanti. Dalam film garapan sutradara Irwinsyah ini, Marissa beradu akting dengan Ray Sahetapy hingga Anwar Fuady.

5. Biarkan Bulan Itu (1986)

Dalam film ini, Marissa berperan sebagai Dewi, dan aktingnya sukses mengantarkannya masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 1987. Film ini menjadi salah satu film ikonik Marissa di ujung era 80-an.

6. Yang Tercinta (1991)

Terakhir, adalah Yang Tercinta, menandai akhir karier film Marissa di layar lebar. Di film ini, dia berperan sebagai Bunga, di mana dia tak hanya berakting, tetapi juga terlibat sebagai produser. Dalam film ini, Marissa juga beradu akting dengan sang suami, Ikang Fawzi.

Kepergian Marissa Haque tentu meninggalkan kenangan indah melalui film-film ikoniknya yang akan terus dikenang oleh para penonton dan penggemarnya. Film-film tersebut menjadi bukti kontribusi dan dedikasinya di dunia seni peran Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya