Perdana Jadi Sutradara, Baim Wong Bikin Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata

Baim Wong Konferensi Pers Film Lembayung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Jakarta, VIVA – Bukan Baim Wong namanya jika tidak menghebohkan publik dengan gebrakan barunya di dunia hiburan. Setelah sukses menjadi aktor hingga membuat kanal YouTube yang diikuti oleh jutaan orang, kini Baim Wong debut sebagai seorang sutradara lewat karya film terbarunya berjudul "Lembayung".

Di Tengah Isu Perceraian dengan Paula, Sopir Pribadi Sebut Baim Wong Kadang Tinggal di Kantor

Ini adalah pertama kalinya bagi Baim Wong turun langsung untuk menyutradarai sebuah film. Ia memilih film bergenre horor yang di tahun 2024 ini peminatnya cukup tinggi. Tak mau kalah dengan banyaknya film horor yang tengah bersaing, Baim Wong lantas menunjukkan kebolehannya meski terbilang masih bayi dalam hal penyutradaraan.

Pengalaman pertama ini bagi Baim Wong sangat menyenangkan. Berbeda dari kebanyakan sutradara yang sering memantau proses pengambilan gambar lewat monitor saja, Baim Wong justru ikut berkeliling di samping cameraman yang sedang merekam adegan.

Paula Curhat Parenting ke Nagita Sering Dijatuhkan di Depan Anak, Sindir Baim Wong?

"Saya selalu di samping kamera, pakai hand held begini, mau dia zoom ini atau zoom out aya gerakin. Bahkan saya di samping cameraman, nggak di monitor. Jadi kalau misalkan orang nanya, saya nggak duduk di monitor dengan kursi plastiknya. Di situ saya bisa langsung ngecut bagian dialog yang saya mau karena di kepala saya sudah ada editing," jelas Baim Wong, dalam konferensi pers film Lembayung, di XXI Epicentrum, Jakarta, Jumat 13 September 2024.

Heboh Isu Pelit, Sopir Bongkar Sifat Asli Baim Wong yang Bikin Melongo

Film ini akan diputar secara perdana serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 19 September 2024, namun proses press screening sudah dilaksanakan pada hari ini. Sebelum disaksikan oleh masyarakat luas, awak media mendapatkan akses terlebih dahulu untuk menonton film karya Baim Wong tersebut.

Baim Wong yang penasaran dengan reaksi para penonton pun sesekali memasuki studio untuk mengecek bagaimana suasananya. Ia mengaku melihat ada banyak reaksi tak terduga yang sebelumnya tidak dibayangkan.

"Banyak reaksi yang saya nggak pikirin sebelumnya. Saya tadi lihat dari sana karena itu pertama kalinya karya say dilihat penonton, pertama kalinya adalah kalian," kata Baim Wong.

Lewat film Lembayung ini, Baim Wong bekerja keras menyalurkan ide kreatifnya. Bahkan, tak sedikit adegan dan dialog yang tiba-tiba diubah di tengah proses syuting. Beruntung, Baim Wong mendapatkan para pemain yang bisa dengan cepat beradaptasi dengan dialog yang baru sehingga tak ada kendala yang berarti.

Prime Eagle Studios dan Tiger Wong Entertainment mempersembahkan film horor ‘Lembayung’ yang bukan hanya menampilkan teror menyeramkan, melainkan juga drama misteri thriller yang menegangkan serta memiliki plot twist mengejutkan.

Mengikuti pengalaman mengerikan Pica bersama dengan temannya, Arum, saat sedang menjalani kegiatan PKL (magang) di unit poli gigi sebuah klinik di pinggiran Yogyakarta. Suatu malam, pasien misterius berambut panjang yang menyeramkan datang ke poli gigi, membuat Pica dan Arum sangat ketakutan hingga terbawa ke mimpi.

Kemudian berbagai peristiwa janggal mulai terjadi, diikuti dengan runutan kejadian tragis di Klinik Lembayung yang mereka alami. Saat Arum kerasukan, Pica berusaha mengungkap misteri Klinik Lembayung sebelum sahabatnya menjadi korban.

Cerita dari film ‘Lembayung’ diangkat dari sebuah utas (thread) horor ‘Jin Poli Gigi’yang ditulis oleh Pica melalui akun @saturnrushx di media sosial Twitter/X. Thread tersebut sempat populer pada tahun 2022 hingga mendapat ribuan retweet dan likes dari para pembacanya. Akan tetapi, cerita dalam thread tersebut tidak selesai lantaran Pica berhenti menulis karena trauma akan pengalaman mengerikan yang menimpanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya