4 Alasan Wajib Nonton Sleep, Film Terakhir Mendiang Lee Sun Kyu tentang Misteri Sleepwalking!

Film Korea, Sleep
Sumber :
  • Viu

VIVA – Bagi para pecinta genre misteri, horor, dan thriller, jangan lewatkan film Korea terbaru yang sedang hits, Sleep. Dirilis tahun lalu, film ini membuat gebrakan pertama di Festival Film Cannes 2023 pada 21 Mei 2023, sebelum akhirnya mencuri perhatian penonton di Korea Selatan pada 6 September 2023.

Behind The Scene The Midnight Romance in Hagwon Soroti Kemesraan Wi Ha Joon & Jung Ryeo Won

Sleep tidak hanya sekadar film biasa, melainkan menghadirkan premis yang menarik seputar fenomena sleepwalking. Kisahnya menggambarkan kehidupan harmonis pasangan Soo Jin (diperankan oleh Jung Yu Mi) dan Hyeon Soo (diperankan oleh Lee Sun Kyu). Pernikahan mereka yang bahagia mulai terguncang ketika Hyeon Soo, suami yang tengah dinanti kelahiran anak pertama, tiba-tiba mengalami sleepwalking.

Tidak hanya kejadian aneh, sleepwalking Hyeon Soo bahkan membahayakan nyawanya, seperti memakan daging mentah dan mencoba meloncat dari jendela rumah. Ironisnya, dia tak pernah ingat apa yang terjadi setelah tidur. Kekhawatiran pun melanda pasangan ini, terutama Soo Jin yang sedang hamil tua, merasa gelisah bukan hanya untuk keselamatan suaminya, tapi juga dirinya dan sang bayi.

Dibintangi oleh Dew Jirawat dan Prim Chanikarn, Inilah 4 Alasan Nonton Drama A Love So Beautiful

Kejadian aneh Hyeon Soo bahkan berlanjut setelah kelahiran anak. Hal ini mendorong Soo Jin untuk memahami penyebab serta mencari cara menyembuhkan suaminya yang terus menerus mengalami sleepwalking. Suatu perjalanan menyelidiki yang menghadirkan ketegangan dan ketakutan.

Untuk mengetahui apakah mereka berhasil mengatasi perilaku sleepwalking Hyeon Soo, saksikanlah film "Sleep" di aplikasi VIU yang sudah dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia. Bagi yang masih ragu, berikut beberapa alasan mengapa wajib nonton film ini.

Sudah Tayang di Viu, Ini 3 Alasan Wajib Nonton My Sweet Mobster

1. Debut Sutradara Jason Yu

Film ini menandai sebagai debut Jason Yu sebagai sutradara dan penulis naskah. Sebelumnya, Yu pernah menjadi asisten Bong Joon Ho (sutradara Parasite) dalam sebuah proyek film. Inspirasi untuk naskah "Sleep" muncul ketika Yu sedang mempersiapkan pernikahannya, dan dari sinilah ide tentang film yang berkaitan dengan pernikahan dan fenomena sleepwalking muncul.

2. Tuai Pujian hingga Raih Nominasi Penghargaan

Meskipun ini adalah film debutnya, Sleep berhasil meraih prestasi mumpuni. Bong Joon Ho, sutradara Parasite, memberikan pujian tinggi, menyebutnya sebagai film horor paling pintar dan unik yang pernah ditontonnya dalam 10 tahun terakhir. Pujian ini tentunya sangat berharga mengingat Bong Joon Ho adalah pemenang Academy Awards ke-92 pada tahun 2020. Selain itu, film ini juga mendapat banyak pujian dari kritikus film selama penayangannya di Festival Film Cannes.

Di samping apresiasi yang diberikan oleh Bong Joon Ho, Sleep juga meraih banyak pujian dari sejumlah kritikus film selama diputar di Festival Film Cannes. Kehadirannya juga tidak luput dari sorotan di beberapa ajang penghargaan film bergengsi, seperti Grand Bell Awards dan Blue Dragon Awards.

Ketertarikan dan keberhasilan Sleep dalam memboyong nominasi-nominasi tersebut menjadi bukti kesuksesannya dalam dunia perfilman. Puncaknya, Jung Yumi, bintang utama dalam film ini, mencapai pengakuan yang luar biasa dengan meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik pada Blue Dragon Awards dan Korean Film Producers Association Awards.

3. Perpaduan Genre Horor, Thriller, dan Komedi yang Sempurna

Meskipun Sleep terkategori sebagai film horor dan thriller, namun secara mengejutkan film ini juga menyelipkan unsur komedi gelap. Keberhasilannya terletak pada penyajian yang pas, di mana elemen komedi tidak mengganggu alur cerita dan terasa alami tanpa terkesan dipaksakan.

4. Misteri Psikologis atau Gangguan Adanya Makhluk Halus?

Sepanjang durasi film, penonton akan terus diajak bertanya-tanya apakah kondisi yang dialami oleh Hyeon Soo hanya merupakan masalah psikologis semata ataukah terdapat unsur supernatural. Keadaan semakin mencekam ketika dalam satu adegan, seorang dukun yang dibawa oleh ibu Soo Jin menyatakan bahwa ada kehadiran makhluk halus yang menghantui apartemen mereka. Situasi ini semakin menambah lapisan misteri dalam cerita, menciptakan ketegangan psikologis yang menggoda penasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya