Nusantara Short Film Festival 2024 Rayakan Karya Sinematik di Balikpapan

Festival Film Pendek Nusantara 2024
Sumber :
  • ist

Balikpapan, VIVA – Pada 1 Agustus 2024, acara puncak Awarding Day Nusantara Short Film Festival 2024 digelar meriah di CGV Balikpapan Plaza. Festival bergengsi ini merupakan bagian dari inisiatif yang diorganisir oleh Produksi Film Negara (PFN) dan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), bertujuan untuk mempromosikan serta mengapresiasi karya sinematik dari para sineas muda dan profesional Indonesia, khususnya di kawasan Nusantara. Lebih dari 144 peserta hadir dalam acara ini, termasuk sineas, juri, perwakilan OIKN & PFN, serta tamu undangan lainnya. Tingginya partisipasi ini mencerminkan antusiasme dan dukungan yang besar terhadap perkembangan industri film di kawasan Ibu Kota Nusantara dan sekitarnya.

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

Nusantara Short Film Festival 2024 menampilkan berbagai karya terpilih dalam beberapa kategori, yang relevan dengan perkembangan industri film saat ini. Berikut adalah daftar pemenang dalam masing-masing kategori:

Pemenang Kategori Film Pendek:
1. Judul: Sekarang Kita Jalan Bersama
    Karya: Teta Pictures, Muhammad Irza Fahri
2. Judul: Sejahtera Daun Kangkung
    Karya: Selarasi
3. Judul: Lewat Cahaya
    Karya: Selarasi Film, Sayyed Ibnu Iqbal Al Qadry

Tata Kelola yang Baik Jadi Bukti Komitmen sebuah Peruasahaan itu Baik

Pemenang Kategori Film Favorit:
1. Judul: Sekarang Kita Jalan Bersama
    Karya: Teta Pictures, Muhammad Irza Fahri

Raih Penghargaan Penataan Transportasi, Pemkot Depok Kena Bully Warganet

Pemenang Kategori Film Dokumenter:
1. Judul: Visit Samboja
    Karya: Dimas Hamidan Nur
2. Judul: Magical of Nusantara
    Karya: Teras Karya Anwar Sadat
3. Judul: Pulau Muadak: Pesona Surga Kecil Ibu Kota Nusantara Pembawa Pesan dan Harapan
     Karya: Pajar Putra Eka Ramadhan

Ilustrasi bioskop/film/menonton film.

Photo :
  • Freepik/freepik

Dwi Heriyanto B, Direktur Utama PFN, menyampaikan, “Saya berharap, Nusantara Short Film Festival dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan kreativitas mereka. PFN juga akan terus mendukung kolaborasi dengan entitas Pemerintah, Kementrian/Lembaga, BUMN, dan pihak swasta yang memiliki tujuan untuk memajukan ekosistem perfilman Indonesia. Mari kita menjaga semangat berkarya demi masa depan perfilman tanah air yang lebih baik.”

Dr. Muhsin Palinrungi, S.S., M.A., Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, yang juga merupakan salah satu juri dalam festival ini, menambahkan, “Selain Nusantara Short Film Festival ini sebagai instrumen untuk menyalurkan bakat kreativitas para sineas muda khususnya di kawasan IKN dan sekitarnya, juga sebagai media promosi untuk memperkenalkan IKN secara luas kepada masyarakat Indonesia. Otorita IKN akan melanjutkan tradisi festival ini setiap tahun untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif.”

Prisia Nasution, salah satu juri dalam Nusantara Short Film Festival 2024, turut berkomentar, “Festival ini memberikan kesempatan bagi sineas muda untuk menunjukkan kemampuan mereka. Karya-karya yang ditampilkan sangat beragam dan menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh industri film kita.”

Nusantara Short Film Festival 2024 bertujuan untuk memberikan dukungan kepada sineas muda serta memfasilitasi interaksi yang produktif antara pembuat film, pengamat industri, dan penonton. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin pertukaran ide yang konstruktif dan memajukan industri film di tingkat lokal maupun nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya