Garap Film Gowok Kamasutra Jawa, Hanung Bramantyo Pastikan Tak Akan Umbar Adegan Seks

Reza Rahadian dan Hanung Bramantyo
Sumber :
  • MVP Pictures

JAKARTA  – Rumah produksi MVP Pictures saat ini tengah menggarap film berjudul Gowok Kamasutra Jawa, yang dibintangi oleh Reza Rahadian, Raihaanun, hingga Lola Amaria. Hanung Bramantyo duduk di kursi sutradara dipercaya untuk mengarahkan film tersebut.

Samsara Perdana Tayang, Film Bisu Berlatar Magic Realism di Bali Angkat Tema Cinta dan Keserakahan

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari keterangan tertulis, dalam kebudayaan Jawa, Gowok adalah sebutan untuk perempuan yang disewa untuk mengajarkan perihal rumah tangga dan seksualitas kepada laki-laki berusia remaja atau sebelum menikah. 

"Kamasutra kan dari India. Itu sebuah buku yang berisi tentang tata cara atau pendidikan seksual pasangan yang sudah menikah. Sementara di Jawa ada itu namanya Serat Centhini," kata Hanung Bramantyo dikutip dari keterangan tertulis. 

Alternativa Film Awards Hadir di Indonesia, Mendorong Kreativitas Sineas Lokal

"Tapi kalau saya menyebut Centhini yang tahu tuh sedikit hanya orang Jawa, kalau saya menyebut ini film Kamasutra Jawa, mungkin orang akan paham," tambah Hanung.

Teaser Film Horor Anak Kunti Resmi Dirilis, Hadirkan Kisah Mistis yang Menegangkan

Sebagai sutradara, Hanung merasa bersyukur lantaran MVP Pictures menyambut positif ide untuk menggarap film Gowok Kamasutra Jawa. 

"Saya merasa Pak Raam yang memang menyukai hal-hal yang sifatnya unik. Sejak awal bikin film sama Pak Raam itu unik semua, mulai dari Sang Pencerah, Cinta Tapi Beda, Soekarno dan yang terakhir Tuhan Izinkan Aku Berdosa," ucap Hanung.

"Saya membuat film ini tetap untuk market bukan untuk festival saja. Saya bikin film untuk orang Indonesia dan marketnya Indonesia, tapi kalau dibawa ke luar negeri saya merasa masih bisa relate, masalah umum nggak cuman masalah Indonesia aja," lanjutnya.

Meski menggunakan judul Gowok Kamasutra Jawa, Hanung mengungkap bahwa film garapannya itu tidak akan mengumbar adegan seks. Ia mengaku tahu batasan dan tidak akan membuat penonton merasa jijik.

"Saya tidak akan menampilkan adegan-adegan yang membuat penonton merasa jijik. Jadi penonton jangan khawatir, saya juga tahu kok batas-batas itu," kata Hanung.

Selain Raihaanun, Lola Amaria dan Reza Rahadian, film Gowok Kamasutra Jawa juga dibintangi oleh Ali Fikry, Nayla Denny Purnama, Slamet Rahardjo, Djenar Maesa Ayu, Aldy Bias, Donny Damara, dan masih banyak yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya