Review The Settlers, Film Perang yang Dikemas Berbeda

The Settlers
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Film The Settlers atau Los Colonos, akhirnya tayang di Indonesia. Film asal Chile itu sempat diajukan sebagai submisi resmi untuk mendapat nominasi Film Fitur Internasional Terbaik Oscar 2024, meski akhirnya tidak mendapat nominasi.

Pertama Kali Main Film Horor-Action, Amanda Rigby Tertarik karena Dilatih Uwais Team

Berdasarkan informasi dari keterangan tertulis, film The Settlers memiliki kesamaan isu dan agenda dengan film The Zone of Interest, yakni meyakinkan manusia agar tak lagi mengulang tragedi genosida.

Film The Settlers mengambil latar cerita di akhir tahun 1800 dan awal 1900-an. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Film Inside Out 2, Campur Aduk Emosi dan Buat Haru

Film tersebut dibuka dengan menampilkan sekelompok orang yang bekerja di sebuah lahan dengan pagar kawat milik seorang pengusaha asal Spanyol, Jose Menendez. Dalam film ini, Jose digambarkan memiliki sikap kejam.

Untuk melancarkan agenda eksploitasi alam, penjajah asal Eropa dalam film ini diceritakan melakukan cara-cara brutal untuk menyingkirkan para penduduk pribumi. Felipe Gálvez Haberle sebagai sutradara menggambarkan hal itu dalam karya terbarunya tersebut.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Dalam menjalankan misinya, Menendez menyuruh tentara bayaran yakni McLennan, Bill, dan Segundo untuk menindak orang pribumi supaya tidak mengganggu bisnisnya.

Dalam perjalananya, mereka bertemu dengan sesama tentara bayaran yang diperintah pengusaha Eropa lainnya. 

Saat tindakan itu berlangsung, film The Settlers menyajikan adegan kekerasan yang menyesakkan. MacLennan dan Bill tampak menikmati tindakan yang mereka lakukan, namum Segundo justru merasa tidak suka dengan perlakuan keji dua temannya.

Cerita semakin seru saat setelah beberapa tahun, pemerintah Chile mulai memberlakukan sebuah aturan baru agar pendatang Eropa dan penduduk pribumi bisa saling berinteraksi.

Saat itu, emosi penonton dibuat naik turun saat Segundo diminta untuk memberikan kesaksian. Dalam kesaksiannya, terbongkar secara detil kekejaman yang dilakukan para tentara bayaran.

The Settlers terasa berbeda dengan film-film perang lainnya. Film ini dikemas dengan gaya puitis dan tidak fokus pada pada aksi, urgensi waktu, dan kekerasan.

Kengerian tak selalu berfokus pada kejadian, hal itu juga bisa dibangun lewat detail audio dan ketajaman dialognya.

Film The Settlers sudah bisa disaksikan secara resmi di Indonesia, tepatnya di KlikFilm, sejak bulan Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya