Avatar: The Way of Water Raih Rp13,2 Triliun dalam 10 Hari Tayang di Bioskop

Avatar: The Way of Water.
Sumber :
  • 20th Century Studios

VIVA Showbiz – Avatar: The Way of Water berhasil jadi film dengan penjualan tiket global terlaris kelima tahun ini dengan meraup 850 juta dolar AS atau setara dengan Rp 13,2 triliun setelah 10 hari tayang di bioskop.

Wuling Cloud EV: Opsi Baru Mobil Listrik Ramah Kantong untuk Pasar Indonesia 

Sejauh ini, berdasarkan laporan Variety, sekuel Avatar yang digarap oleh James Cameron itu telah memperoleh pendapatan 253,7 juta dolar AS atau Rp 3,9 triliun dari box office domestik dan 600 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun dari penjualan internasional.

Avatar: The Way of Water.

Photo :
  • 20th Century Studios
Komandan Marinir Kabur, Ratusan Tentara Ukraina Menyerah Tanpa Perlawanan

Pendapatan terbesar diperoleh dari penjualan tiket di China yang mencapai 100 juta dolar AS, Korea Selatan 53 juta dolar AS, Prancis 52,3 juta dolar AS, India 37 juta dolar AS, hingga Jerman 35,7 juta dolar AS.

Di tengah banyaknya persoalan seperti cuaca dingin di Amerika Utara hingga kembalinya virus di China, Avatar 2 diperkirakan bakal tetap laku diburu pecinta film. Hingga akhir tahun ini mereka diyakini bisa meraup keuntungan mencapai 1 miliar dolar AS atau Rp 15 triliun.

Fuji Menyesal Perankan Karakter Utama di Film “Bukan Cinderella”, Curhat Kejamnya Dunia Hiburan

Ini adalah tolok ukur yang hanya berhasil dicapai oleh dua film lainnya, yakni Top Gun: Maverick dan Jurassic World Dominion pada 2022.

Meski demikian, Avatar 2 diduga akan kesulitan untuk menyalip pencapaian film pertama mereka dengan penghasilan kotor tertinggi senilai 2,97 miliar dolar AS setara Rp 46 triliun dari seluruh dunia.

Alasan yang mendasari sulitnya mengejar pencapaian tersebut adalah, box office di seluruh dunia belum sepenuhnya aktif akibat pandemi. Selain itu, Avatar: The Way of Water ini juga tidak ditayangkan di Rusia yang kemungkinan bisa menyumbang pendapat sebesar 116 juta dolar AS.

James Cameron dan timnya pun hingga kini masih disibukkan dengan dua film lanjutan. Dalam pembuatannya mereka berjanji akan menyajikan visual efek (vfx) yang jauh lebih baik. 

Kate Winslet (kiri) dalam Avatar 2

Photo :
  • nypost.com

"Satu hal yang bisa kita katakan adalah kami baru tahu bagaimana membuat film ini setelah kita menyelesaikannya," canda sang produser Jon Landau, dilansir dari The Direct.

Supervisor vfx Avatar, Joe Letteri turut berkomentar. Ia menjelaskan timnya akan membuat yang lebih baik lagi di film selanjutnya dan telah mengambil banyak pelajaran dari Way of Water.

"Tentunya. Itu adalah apa yang kukatakan sebelumnya, kita harus selalu belajar. Dan ya, ada banyak hal yang kita pelajari dari film ini (Avatar 2) yang harus kalian ketahui, membuat film selanjutnya jadi lebih keren. Dan itu sedang dikerjakan," paparnya.

Avatar: The Way of Water.

Photo :
  • 20th Century Studios
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya