Tayang Hari Ini, Berikut 5 Fakta Menarik Serial Money Heist Korea

Money Heist: Korea - Joint Economic Area
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz –  Diadaptasi dari serial fenomenal La  Casa de Papel (Money Heist) dari Spanyol, versi Korea Selatan ini akan menghadirkan kisah sekawan perampok di bawah arahan pemimpin bernama Profesor yang berencana melakukan pencurian terbesar dalam sejarah dari gedung Percetakan Uang Unifikasi Korea.

Ajil Ditto Hadirkan Karakter Remaja Polos di Serial Culture Shock

Sebelum menonton Money Heist: Korea - Joint Economic Area yang akan tayang hari ini, simak beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui supaya lebih memahami jalannya cerita berikut ini.

1. Latar belakang pembuatan

Verona Pictures Hadirkan Series Terbaru, Aini Malaikat Tak Bersayap di ANTV

Sutradara Kim Hong Sun dan penulis naskah Ryu Yong Jae mengatakan bahwa cerita La Casa de Papel membuat mereka tertarik dan penasaran.

Jadi Anak Durhaka di Sinetron Aini Malaikat Tak Bersayap, Nabila Zavira Minta Maaf ke Raslina Rasidin

“Begitu banyak karakter dengan kepribadian dan daya tarik masing-masing sangat mengasyikkan untuk ditonton,” kata Kim, dalam acara konferensi pers global pada Rabu 22 Juni 2022.

Sutradara Kim meyakini bahwa akan semakin seru melihat para karakter ini tampil di lokasi dan setting yang berbeda.

“Korea sebagai latar belakang dapat menjadikannya serial yang sangat orisinal dan baru,” ujarnya.

“Sejak awal saya sadar bahwa serial ini harus tampil sangat realistis dan seiring saya merenungkannya, sepertinya hubungan antar-Korea di serial ini dapat terwujud di setting masa depan yang tak terlalu jauh," sambungnya.

2. Bukan sekedar adaptasi

Dalam Money Heist versi Korea ini, sutradara Kim menyuguhkan setting waktu dan lokasi yang berbeda dari serial aslinya. Penulis Ryu mengatakan bahwa mereka tidak hanya mencontoh serial aslinya tetapi juga membawa daya tarik para karakter dari serial asli ke dalam sentuhan Korea yang unik.

Hubungan sejarah antara dua Korea juga menjadi sorotan. Ryu mengatakan bahwa chemistry dinamis antara penduduk Korea Utara dan Selatan digambarkan melalui berbagai interaksi dalam kelompok pencuri maupun satuan gugus tugas yang berupaya menghalangi aksi mereka.

3. Topeng Hahoe

Kelompok perampok di La Casa de Papel identeik dengan jumpsuit merah dan topeng Salvador Dali. Tetapi Money Heist Korea menampilkan para perampok dengan topeng tradisional Korea dari daerah Andong yang disebut Hahoe.

Menurut pemeran Berlin, Park Hae Soo, topeng berwarna putih dengan senyum misterius itu memiliki makna yang kritis bagi penguasa sekaligus mengandung sentuhan humor.

“Dilihat dari berbagai sudut pun ia akan tampak berbeda,” katanya.

Sedangkan, menurut Ju Jong Seo yang memerankan Tokyo, senyum pada topeng Hahoe menyiratkan rasa humor dan misteri tersendiri bagi yang melihatnya.

“Topeng ini memiliki bermacam-macam makna, dan saya sangat tertarik dibuatnya,” ujarnya.

4. Perkumpulan beragam karakter

Yoo Ji Tae yang berperan sebagai Profesor mengungkapkan bahwa ia telah memerankan berbagai peran jahat sebelumnya tetapi ini adalah kali pertamanya berperan sebagai ahli strategi yang melakukan kejahatan.

“Saya telah memainkan begitu banyak peran jahat sebelumnya, namun ini pertama kalinya saya memerankan seorang ahli strategi yang melakukan kejahatan tapi di saat yang sama tak menginginkan adanya korban," kata Yoo Ji Tae.

Sementara itu, karakter Berlin yang berhati dingin merupakan mantan tahanan kerja paksa yang kabur dari penjara di Korea Utara.

“Ia adalah perwujudan rasa sengsara yang dialami baik oleh Korea Utara dan Selatan,” ujar Park Hae Soo.

Ada juga karakter Tokyo yang menjadi karakter paling beda dari serial Money Heits aslinya.

“Ia merupakan seorang Gen Z dan berumur 20-an. Tadinya ia seorang gadis biasa-biasa saja dari Korea Utara dan berharap ingin mewujudkan mimpinya," kata Jung Jeon Seo.

5. Persiapan para aktor

Berbagai persiapan dan tantangan telah dilalui oleh para aktor dan aktris dalam proses pembuatan serial ini.

Park Hae Soo menceritakan persiapannya dalam memerankan karakter Berlin yang memiliki dialek Pyongyang. Park Hae Soo harus mengikuti latihan dengan seorang tutor dan mendengarkan rekaman untuk menyempurnakan aksennya.

Sementara itu, Lee Won Jong juga tidak kalah serius untuk mempersiapkan karakter Moscow.

“Kami memiliki aktor yang berasal dari daerah Kyongsang, bagian selatan Korea Selatan. Selama sebulan penuh kami berlatih dengan sangat keras untuk mempelajari dialek dan aksen darinya, bahkan berlatih dengan menggunakan gerak tubuh dan beraksi,” ujar Lee Won Jong.

Serial Money Heist: Korea - Joint Economic Area meliputi 12 episode yang dibagi ke dalam Part 1 dan Part 2, dengan masing-masing bagian memiliki enam episode.

Untuk tahu lebih banyak tentang serial yang mendebarkan ini, jangan lewatkan penayangan perdananya pada 24 Juni, hanya di Netflix!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya