9 Deretan Pernikahan Mewah Jadi Sorotan Dunia yang Habiskan Biaya Fantastis, Terbaru Anant Ambani

Pernikahan Mewan Anant Ambani dan Radhika Merchant
Sumber :
  • Hindustan Times

VIVA Lifestyle – Pernikahan merupakan momen sakral yang diimpikan banyak orang. Bagi sebagian orang, pernikahan menjadi simbol cinta dan komitmen yang ingin dirayakan dengan penuh kemegahan. Tak heran, jika beberapa pernikahan di dunia digelar dengan biaya fantastis, menghadirkan kemewahan yang memukau dan meninggalkan kesan tak terlupakan.

Jokowi Tegaskan Perubahan Iklim Tak Bisa Selesai Hanya dengan Pendekatan Ekonomi

Terutama bagi para keluarga konglomerat yang memiliki harta tak berseri. Kemegahan nampaknya menjadi hal wajib ketika melangsungkan sebuah acara penting seperti pesta perkawinan. Mengutip Prestige, berikut deretan pernikahan mewah yang menghabiskan dana miliaran dollar AS sekaligus menjadi sorotan warga dunia. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut ini. 

1. Priya Sachdev dan Vikram Chatwal

Erdogan Dukung Antonio Guterres soal Perlunya DK PBB Direformasi

Pernikahan Priya Sachdev dan Vikram Chatwal

Photo :
  • Prestige

Pesta pernikahan Priya Sachdev dan Vikram Chatwal menghabiskan US$20 juta. Nominal tersebut tampaknya tak ada apa-apanya bagi pasangan miliarder itu. 

Usai Divonis Kanker, Kate Middleton Kembali Tampil bersama Pangeran William setelah Olimpiade Paris

Priya Sachdev berprofesi sebagai pengusaha retail busana mewah di India. Sementara Vikram Chatwal adalah seorang pengusaha hotel dan aktor India-Amerika.
Keduanya menggelar pesta pernikahan selama 10 hari di tiga kota berbeda di India. Priya Sachdev dan Vikram Chatwal hanya mengundang 600 tamu yang diterbangkan dari 26 negara berbeda menggunakan pesawat pribadi. 

Acara di mulai dari Bombay lalu ke Udaipur dan terakhir di New Delhi. Pasangan kaya raya juga menyediakan fasilitas terbaik untuk para tamu spesialnya. Mulai dari hotel dan 70 mobil untuk mengantar para tamu berpindah-pindah lokasi pesta. Sayangnya, rumah tangga Priya Sachdev dan Vikram Chatwal hanya bertahan lima tahun dan keduanya memutuskan berpisah pada tahun 2011. 
 
2. Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano

Pernikahan Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano

Photo :
  • Prestige

Pesta perkawinan pangeran Spanyol dengan rakyat biasa bernama Letizia Ortiz Rocasolano juga menjadi sorotan dunia. Pernikahan mewah yang diselenggarakan pada tahun 2004 itu diperkirakan menghabiskan biaya sebesar US$ 28-54 juta. 

Pernikahan Felipe dan Ortiz sungguh spektakuler. Lebih dari 1.200 tamu undangan yang merupakan kalangan bangsawan dan perwakilan dari 36 raja dan kepala negara. 

Puncaknya adalah kedatangan Letizia Ortiz Rocasolano di Catedral Almudena Madrid. Jutaan pasang mata menyaksikan calon ratu itu tiba dengan Rolls-Royce Phantom IV  sambil memamerkan gaun indah seharga USD 8 juta yang dirancang oleh Manuel Pertegaz.

3. Huang Xiaoming dan Angela Yeung Wing

Pangeran Huang Xiaoming dan Angela Yeung Wing

Photo :
  • Prestige

Salah satu pernikahan termahal datang dari pasangan influencer Tiongkok, Huang Xiaoming. Huang Xiaoming menambatkan hati pada seorang aktris, penyanyi sekaligus model bernama Angela Yeung.

Huang Xiaoming dan Angela Yeung resmi menaikah pada Oktober 2015 di Shanghai Convention Centre. Lokasi tersebut disulap dengan interior yang dipenuhi layar LCD untuk menampilkan video prewedding yang dilakukan di Paris, Prancis. 

Mempelai pria memberikan cincin kawin yang dibuat oleh desainer Paris Chaumet seharga USD 1,5 juta. Cincin berlian lima karat itu itu berbentuk buah pir. 
Kemewahan juga terlihat dari pemilihan gaun pengantin Angela Yeung yang merupakan buatan rumah mode, Dior. Mengutip Forbes, waktu pembuatan gaun haute couture itu menghabiskan waktu selama lima bulan. 

Huang Xiaoming dan Angela Yeung Wing mengundang 2.000 tamu undangan. Pernikahan orang kaya itu diperkirakan menelan biaya USD 31 juta. 

4. Pangeran William dan Kate Middleton

Foto Pernikahan Pangeran William & Kate Middleton

Foto Pernikahan Pangeran William & Kate Middleton

Photo :
  • Daily Mail/Hugo Burnand

Pernikahan kerajaan Inggris tak pernah luput dari sorotan jutaan pasang mata di seluruh dunia. Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada April 2011. Selain dihadiri langsung oleh hampir 1.900 tamu undangan, pernikahan mereka disaksikan lebih dari 160 juta pemirsa dari 188 negara.

Pangeran William dan Kate Middleton menggelontorkan dana US$ 33 juta untuk membiayai pernikahan glamour keluarga Kerajaan Inggris itu. Biaya dekorasi dan bunga saja mencapai US$800 ribu. Gaun putih yang digunakan Kate Middleton untuk prosesi pemberkatan diketahui merupakan rancangan Alexander McQueen seharga US$434 ribu.

Tak hanya dinobatkan sebagai pesta perkawinan termahal di dunia, pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton juga tercatat di Guinness Book of World Records tahun 2012 untuk kategori "Siaran Langsung Terbanyak" mengalahkan upacara peringatan kematian Michael Jackson pada tahun 2009.

5. Madelaine Brockway dan Jacob Lagrone 

Pernikahan Madelaine Brockway dan Jacob Lagrone

Photo :
  • Dok. TikTok

Pernikahan Madelaine Brockway dan Jacob Lagrone digadang-gadang sebagai pesat termegah di tahun itu bahkan viral di TikTok. Salah satu faktornya lantaran pesta ii menghabiskan biaya sekitar US$59 juta. 

Diketahui latar belakang Madeleine Brockway merupakan pewaris dealer mobil sekaligus seorang CEO Bill Ussery Motors. Madelaine Brockway dan Jacob Lagrone melangsungkan acara pra-pernikahan selama empat hari berturut-turut di Utah.

Puncak pernikahan digelar di kastil Château de Villette, Paris, Prancis. Tak main-main, mereka mengundang Maroon 5 sebagai pengisi acara. Keduanya dikabarkan melakukan bulan madu (honeymoon) dengan menginap di Istana Versailles. Tarif per malamnya mulai dari Rp30 juta.

6. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Foto pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Photo :
  • Instagram @kensingtonroyal

Tak hanya pernikahan putra slung Lady Diana saja yang menjadi perhatian warga dunia. Pesta Pangeran Harry dan Meghan Markle pada tahun 2018 yang diperkirakan menggelontorkan dana US$63 juta tak luput dari perhatian khalayak. 

Kemegahan pernikahan tercermin dari gaun Meghan dirancang oleh Clare Waight Keller di bawah naungan rumah mode Givenchy. Aktris Amerika Serikat juga mengenakan perhiasan dari Cartier. Sementara penata rias atau MUA adalah Daniel Martin dari Dior yang dipercaya merias penampilan Markle untuk acara sakral tersebut.

Keluarga Kerajaan Inggris juga memesan katering dan kue yang diperkirakan menghabiskan biaya masing-masing US$ 63.740 dan US$364.590. Dana untuk dekorasi dari bunga sungguhan menelan dana sekitar US$140.230.

7. Rajeev Reddy dan Brahmani Janardhana Reddy

Pernikahan Rajeev Reddy dan Brahmani Janardhana Reddy

Photo :
  • Prestige

Pernikahan mewah adalah pasangan dari India, yakni Rajeev Reddy dan Brahmani Janardhana Reddy. Brahmani Reddy merupakan putri dari pengusaha pertambangan G. Janardhan Reddy.

Pesta diselenggarakan di Palace Grounds, Bangalore, India. Jumlah tamu undangan sekitar 50.000 orang yang merupakan kalangan bangsawan, politisi, dan artis-artis Bollywood. 

Brahmani mengenakan sari Kanjivaram merah dan emas senilai sekitar US$2,3 juta. Dilengkapi aksesori perhiasan senilai US$ 12 juta.  Kedua mempelai pengantin juga mengerahkan pasukan pengaman yang terdiri dari 3.000 petugas keamanan dan 500 penjaga berpakaian jas hitam mengawasi lokasi acara.

Rajeev Reddy dan Brahmani juga memberikan fasilitas penginapan hotel mewah yang jaraknya lima km dari lokasi pesta.  Acara semakin meriah dengan hiburan dari 500 penari. Bahkan dua robot gajah dihadirkan sebagai dekorasi pada pintu masuk dengan harga sewanya ditaksir seharga USD 850 per hari

8. Isha Ambani dan Anand Piramal

Pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal

Photo :
  • Prestige

Pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal masuk daftar sebagai pesta perkawinan termegah abad ini. Selain biaya pernikahan fantastis mencapai USD 100 juta, acara perkawinan putra dari konglomerat India begitu meriah.

Bagaimana tidak, pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal pada tahun 2018 itu terdiri dari rangkaian pernikahan yang diselenggarakan di beberapa kota dan negara. Kemegahan tercermin dari gaun yang dipakai Isha Ambani yang merupakan buatan Dolce & Gabbana. 

Setiap rangkaian acara pra-pernikahan mengundang artis internasional dari mulai John Legend hingga Beyonce. Belum lagi tamu undangan yang bukan orang sembarangan. 

Beberapa public figure yang menghadiri pernikahan mewan ini antara lain Hillary Clinton, Arianna Huffington, Nick Jonas, Priyanka Chopra, perwakilian keluarga Kapoor hingga Shah Rukh Khan. Isha juga menugaskan duo desainer ternama untuk merancang gaun khusus untuk acara tersebut yang kabarnya dibanderol seharga USD 12 juta.

9. Anant Ambani dan Radhika Merchant

Terbaru adalah pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant masuk sebagai salah satu pesta perkawinan termahal sepanjang masa. Perkiraan jumlah dana untuk membiayai pesta pernikahan putra bungsu Mukesh Ambani lebih dari USD 1 miliar. 

Radhika Merchant diketahui menggunakan gaun buatan rumah mode Versace. Tak hanya mempelai pengantin yang tampil mentereng, Nyonya Reliance Industries (Nita Ambani) mempercayai desainer ternama India (India Manish Malhotra) untuk mengurus pakaian pada pra-pernikahan hingga acara puncak. 

Anant Ambani dan Radhika Merchant hanya menyebar undangan ke 2.000 orang tertentu yang berasal dari kalangan miliarder dunia, selebritis Bollywood dan Hollywood. Antara lain Mark Zuckerberg, Karlie Kloss, Shah Rukh Khan, Bill Gates, dan tamu penting lainnya.

Keluarga Ambani memberikan pelayanan super untuk para tamu undangan. Mulai dari menyediakan jet pribadi untuk antar jemput tamu, fasilitas mobil Roll Royce, hingga menyuguhkan lebih dari 700 jenis hidangan yang dibuat para koki profesional.

Tak tanggung-tanggung, keluarga Ambani mengajak tamu undangan untuk berlayar menggunakan kapal pesiar mewah sebagai acara pra-pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant. Pelayaran berlangsung selama 134 hari yang menghabiskan biaya sekitar USD 900 juta. Para tamu juga dimanjakan dengan penampilan artis internasional, yakni Andrea Bocelli, Justin Bieber, David Guetta, The Backstreet Boys, dan Katy Perry.

Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant yang berlangsung pada 12 Juli 2024 itu bahkan menutup jalan di Mumbai guna mempermudah mobilisasi tamu undangan. Anant Ambani secara royal memberikan pengiring pengantin pria (groomsmen) hadiah jam tangan mewah berharga fantasis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya