Film dan Serial Joko Anwar Hingga Raditya Dika Bakal Hadir di Netflix

Netflix.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Showbiz – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) dan Netflix mengumumkan kerja sama yang akan berlangsung selama satu tahun untuk mendukung kampanye “Wonderful Indonesia”.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan bahwa kampanye dalam bentuk konten di Netflix dapat menjadi sarana tepat dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia.

10 Drama Korea Paling Populer dan Banyak Ditonton di Netflix

Hal itu diungkapnya saat hadir bersama Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield di acara peluncuran yang diselenggarakan di Jakarta. Kemitraan ini menunjukkan upaya berkelanjutan Netflix untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Konferensi pers kemitraan Netflix dan Kemenparekraf RI.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Syahputri
Raditya Dika Ungkap Sisi Lain Dirinya yang Jarang Diketahui: Ternyata Dia Tidak Suka Anak Kecil

"Pariwisata dan industri kreatif termasuk sektor yang paling terpukul oleh pandemi. Namun kami bangga bahwa ekonomi kreatif dan industri perhotelan Indonesia tetap mampu berkembang di tengah tantangan ini melalui ketekunan dan inovasi. Dengan upaya-upaya ini, saya yakin bahwa kemitraan dengan Netflix, dengan konten yang menampilkan beragam pesona di Indonesia, tidak hanya akan berkontribusi pada industri kreatif Indonesia tetapi juga menghasilkan dukungan substansial untuk pariwisata dan mendorong wisatawan untuk semakin menjelajahi negara ini,” ujarnya dalam konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 6 September 2022.

Sejumlah tayangan terbaru tersebut adalah film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto, The Big 4. Ada pula, serial drama Gadis Kretek dari produser Shanty Harmayn serta sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. 

Keluar dari Zona Nyaman, Joko Anwar Bakal Angkat Isu Kekerasan Remaja di Film Terbaru

Turut hadir keseruan dalam serial sci-fi thriller, Nightmares and Daydreams dari sutradara Joko Anwar. Tak hanya itu, hadir juga film coming-of-age berjudul Dear David dari sutradara Lucky Kuswandi, komedi situasi unik Klub Kecanduan Mantan karya Salman Aristo.

Hadir pula, film Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti dari sutradara Angga Dwimas Sasongko. Yang juga tak kalah menarik, serial Komedi Kacau dari penulis-sutradara Raditya Dika dan sebuah proyek seru dari penulis-sutradara Ernest Prakasa. Di tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya guna mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali berkunjung ke Indonesia.

Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

"Dengan digitalisasi, media sosial, ini luar biasa sekali menurut saya bahwa film dampaknya bisa ratusan dan jutaan dolar bagi industri yang berkembang cepat," imbuhnya.

Bertepatan dengan acara peluncuran kemitraan, Netflix dan Kemenparekraf juga merilis video promosi yang diproduksi Netflix untuk kampanye Wonderful Indonesia. Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten original Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia. Kampanye Wonderful Indonesia diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru Netflix tentang jajaran film dan serial Indonesia yang akan datang di Netflix, yang diharapkan dapat meningkatkan industri kreatif lebih jauh. 

Untuk kerja sama Netflix dan Kementerian Pariwisata, Sandiaga Uno menuturkan sudah ada sebanyak delapan konten yang tersedia. Ini sudah termasuk dalam program 'WNI' yaitu Waktu Netflix Indonesia. Namun Sandiaga Uno berharap, kerja sama ini dapat menghasilkan lebih banyak konten sehingga pada akhirnya membangkitkan industri perfilman Tanah Air.

Sandiaga Uno.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Syahputri

"Yang delapan konten untuk beberapa bulan ke depan sampai 2024. Kita harapkan akan bertambah karena ini baru target awal. Ini termasuk dalam Waktu Netflix Indonesia. Tantangannya lebih ke arah bagaimana kita bisa koordinasi bahwa ini peluangnya. Dan melakukan matchmaking antara platform dan konten. Itu menurut saya pemerintah hadir untuk fasilitasi itu," tandasnya.

Dengan beragam konten dan pelanggan di lebih dari 190 negara, Netflix menghadirkan kisah berbagai negara dan menuturkan cerita-cerita lokal. Melalui penceritaan lokal yang autentik, Netflix ingin membuka jendela dunia untuk Indonesia. 

“Sejak diluncurkan di negara ini pada tahun 2016, kami sangat senang melihat kemajuan memukau yang telah kami capai bersama industri hiburan dan para pengguna di Indonesia. Kisah-kisah dari Indonesia seperti Ali & Ratu Ratu Queens, A Perfect Fit, dan Our Great National Parks tidak saja memenangkan hati para penonton tetapi juga semakin mendukung industri kreatif. Kami yakin kolaborasi dengan Kemenparekraf ini akan membawa banyak manfaat dan kami berharap bisa menghadirkan lebih banyak lagi cerita orisinal Indonesia kepada penonton global,” tambah Dean Garfield.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya