Cek Fakta: Video Penampakan Paus Nabi Yunus

Jepretan layar sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok yang memperlihatkan kemunculan ikan besar atau makhluk raksasa di laut yang saling mendekat, sementara sejumlah helikopter terbang di atasnya, dan diklaim sebagai paus Nabi Yunus.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Video yang diunggah oleh akun tiktok @menenangkanhati ini telah dilihat oleh lebih dari 160.000 kali dan telah dikomentari sebanyak lebih dari 270 kali. Dalam video tersebut memperlihatkan kemunculan ikan besar atau makhluk raksasa di laut yang saling mendekat, sementara sejumlah helikopter terbang di atasnya. Makhluk raksasa tersebut diklaim sebagai paus Nabi Yunus.

6 Eks Karyawan, Ketua RT hingga Ibu Korban Diperiksa terkait Kasus Perusahaan Animasi di Menteng

Faktanya, video yang beredar tidak menampilkan seekor ikan atau paus sungguhan dengan ukuran yang besar. Video tersebut merupakan video hasil suntingan atau kreasi dari seorang konten kreator digital bernama Borisao Blois. Video miliknya itu diunggah melalui akun Instagram pribadinya, yaitu @borisao_blois, channel Youtube miliknya di Blois fought, dan akun TikTok @borisao_blois.

Dengan demikian, video yang mengklaim paus Nabi Yunus yang diunggah oleh akun Tiktok @menenangkanhati dapat dikategorikan konteks yang salah.

Sejumlah Dokumen Diangkut dari Perusahaan Animasi di Menteng Pasca Polisi Olah TKP

Video penampakan paus Nabi Yunus tersebut tidaklah benar. Faktanya, video tersebut tidak menampakkan paus sesungguhnya, melainkan sebuah kreasi karya digital oleh seniman.

https://cekfakta.com/focus/10581

Polisi Sebut Bos Perusahaan Animasi yang Diduga Aniaya Karyawan Sudah Kabur dari Indonesia
Serial Animasi Titus

Petualangan Baru Karakter Animasi Ini Siap Menghibur Anak-anak

Proses produksi Titus the Detective telah dimulai sejak tahun 2021. Mengingat industri animasi merupakan industri kreatif, banyak sekali porsi kreatif yang diimplementasi

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024