Doa Ridwan Kamil untuk Anies Baswedan yang Tak Maju di Pilkada 2024

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menyampaikan doa dan harapan terbaiknya untuk Anies Baswedan, yang memutuskan untuk tidak maju dalam Pilkada serentak 2024. 

KPU Umumkan Penerimaan Masukan dan Tanggapan Masyarakat Terhadap Cagub-Cawagub Jakarta 2024

RK mengungkapkan bahwa jalan hidupnya dan Anies memang berbeda, dan ia menghormati keputusan yang telah diambil oleh sahabatnya tersebut.

"Intinya, saya mendoakan yang terbaik, apapun keputusan yang diambil. Pak Anies adalah sahabat saya, dan takdir kita memang berbeda. Apapun itu, saya berharap yang terbaik untuk beliau," ujar Ridwan Kamil saat berbicara dengan wartawan usai mengisi materi di Golkar Institut pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

Ridwan Kamil menekankan pentingnya solusi yang tepat dan berbasis pengalaman dalam menghadapi berbagai permasalahan di ibu kota.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Sebelumnya, banyak spekulasi yang beredar bahwa Anies Baswedan akan maju dalam Pilgub Jawa Barat atau Pilgub DKI Jakarta. 

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Namun, keputusan akhir menunjukkan bahwa Anies tidak akan berpartisipasi dalam kedua kontestasi politik tersebut. 

Keputusan ini menimbulkan berbagai reaksi di kalangan publik, mengingat Anies sebelumnya juga merupakan kandidat calon presiden nomor urut 01 dalam Pilpres 2024.

Anies Baswedan sendiri telah memberikan pernyataan terkait situasinya saat ini. Dalam wawancara di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Anies menegaskan keyakinannya bahwa apa yang terjadi saat ini adalah yang terbaik untuk dirinya. 

"Ketika hasil yang kita lihat seperti sekarang, saya percaya ini adalah yang terbaik," ungkap Anies dengan nada penuh keikhlasan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menunjukkan sikap legawa dan syukur atas segala hal yang telah dilaluinya. Meskipun tak lagi terlibat dalam Pilkada 2024, Anies melihat semua ini sebagai bagian dari perjalanan spiritual yang perlu dinikmati dan disyukuri.

"Saya menjalani semua ini sebagai sebuah perjalanan spiritual, yang dinikmati dan disyukuri apapun hasilnya. Saya yakin Allah selalu memberikan yang terbaik," ucapnya dengan penuh ketenangan.

Lebih lanjut, Anies Baswedan memberikan ucapan selamat kepada para bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang telah memulai tahapan pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari proses Pilkada. 

Ia berharap agar proses demokrasi di Indonesia tetap terjaga dan dapat dijalankan dengan baik oleh para pemimpin daerah yang baru nanti. 

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada mereka yang sudah mulai menjalani pemeriksaan kesehatan dan memulai proses Pilkada. Semoga semuanya berjalan lancar dan demokrasi kita bisa berjalan dengan baik," kata Anies dengan harapan besar.

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai gagal mencalonkan di Pilkada 2024

Photo :
  • Youtube Anies Baswedan

Ketika ditanya mengenai langkah selanjutnya setelah tidak maju dalam Pilkada 2024, Anies memilih untuk tidak memberikan jawaban pasti. Ia hanya menyatakan bahwa rencananya akan diumumkan secara resmi pada waktu yang tepat. 

"Nanti saya akan sampaikan khusus terkait dengan rencana ke depan. Langkah-langkah apa yang akan diambil dan semua hal yang sudah maupun akan dikerjakan akan saya jelaskan pada kesempatan yang lain," ujarnya.

Dalam penutupannya, Anies juga menekankan pentingnya menjaga suasana demokrasi yang sehat di Indonesia. 

Menurutnya, aspirasi rakyat harus tercermin dalam keputusan-keputusan yang diambil oleh para elit politik. 

"Kita semua ingin agar suasana demokrasi kita tetap sehat. Semoga apa yang menjadi aspirasi rakyat dapat tercermin dalam keputusan-keputusan yang diambil oleh para elit. Saya berharap itu yang bisa terjadi," pungkas Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya