Ma'mun Amir: Kebun Kopi yang Longsor Setiap Tahun Harus Diatasi

Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir mengatakan Sulawesi tengah merupakan wilayah rawan bencana selain dari gempa bumi dan tsunami. Longsor juga menghantui para petani kopi di Sulawesi tengah setiap tahunnya.

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

Potensi ekonomi Sulawesi Tengah di bidang pertanian yaitu memiliki luas areal persawahan 32.596 ha, luas hutan produktif (tetap) 411.835 ha, dan luas lahan perkebunan 692.490 ha.

Salah satu produk unggulan yang ada di Sulawesi Tenggara adalah Kopi yang saat ini marak digemari para milineal dengan luas lahan  8.644 ha dengan jumlah produksi mencapai 2.927,38 ton.

Polri Siap Amankan PSU Pilkada 2020 di Beberapa Wilayah

"Insyallah jika saya dan Kak Cudy dipercaya menjadi gubernur dan wakil gubernur, Kami akan membuat jalan potong itu yang di atas 43 KM untuk jalur Toboli-Toili dan 20 KM untuk jalur karimo-palu," ujar Ma'mun, Kamis, 24 September 2020.

"Saya sudah pernah membangun dan mengabdi di Banggai, Alhamdulillah saat ini saya mendapat kepercayaan untuk berjuang menjadi Cawagub Sulteng. Jika memang nantinya menang dan terpilih berarti saya dipercaya untuk membangun dan mengabdi lebih luas lagi tidak hanya banggai tapi seluruh kabupaten di Sulteng," kata Ma'mun.

Pilgub Kalsel Diulang, Denny: Kalau Menang, Rakyat Ingin Pemimpin Baru

Ma'mun Amir diketahui putra daerah Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Beliau pernah menjabat sebagai wakil bupati pada periode 2001-2005. Ma'mun sempat menjabat sebagai bupati Banggai dua periode, yaitu pada  2005-2006 dan periode 2008-2011.

Baca juga: Rusdy Didoakan Terpilih Jadi Gubernur Sulteng

Berbagai prestasi pernah diraih Ma'mun Amir dari penghargaan produksi beras diatas 5% dari Presiden RI tahun 2008-2009. Peduli kehutanan dari Menteri Kehutanan di Satyalencana Karya Satya dari Presiden RI pada tahun 2005 dan 2001.

Pada kontestasi pilkada ditahun 2020 ini beliau mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur Sulawesi Tengah berpasangan dengan Kak Cudy. 

Cagub-cawagub Sulawesi Tengah, Ahmad Ali - Abdul Karim Aljufri

Kejar 10 ribu Wirausahawan Baru, Cawagub Sulteng AKA Ajak Anak Muda Nongkrong Bareng

Gagasan baru dilontarkan cawagub Sulawesi Tengah, Abdul Karim Aljufri atau AKA, untuk anak muda di wilayahnya. Yakni, membangun sentra kreatif untuk wadah bagi anak muda.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2024