9.585 Segel Kotak Suara di Lhokseumawe Rusak

Petugas KPU Mamuju menyusun kotak suara Pemilu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

VIVA – Sebanyak 9.585 lembar segel kotak suara di Kota Lhokseumawe dinyatakan rusak. Hal itu diketahui saat Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) setempat melakukan pengecekan segel kotak suara yang baru tiba.

Blak-blakan Eks Caleg PDIP dari Kalimantan Barat Usai Diperiksa KPK Kasus Harun Masiku

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Teuku Zulkarnain, menyebutkan segel kotak suara yang baru tiba mencapai 48.475 lembar dari total kebutuhannya 56.678 lembar. Namun 9.585 lembar rusak.

"9.585 lembar dinyatakan rusak setelah dilakukan pengecekan. Sementara Total yang belum kita terima baik sisa dan pengganti yang rusak adalah 17.787 lembar. Jadi yang sudah tersedia setelah dilakukan pengecekan yakni 38.890 lembar," kata Zulkarnain saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Februari 2019.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Kerusakan itu, kata Zulkarnain, disebabkan oleh perubahan warna dari segel yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Seperti warna segel dalam aturan, seharusnya warna merah dan putih, namun yang diterima berubah menjadi warna oranye dan putih. 

Menurutnya, kualitas segel kotak suara itu terlihat sangat buruk dan mudah robek “Akibat perubahan warna dan tidak sesuai itu kita sebut rusak,” ujarnya.

Aksi Perusakan Logistik Pilpres di Rusia, Kotak Suara Dibakar dan Disiram Cat

Atas kerusakan tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe terkait penggantian segel yang rusak dan juga penambahan kekurangan atas kiriman awal dengan jumlah daftar pemilih tetap.

“Kita telah koordinasikan dengan KIP Kota Lhokseumawe dan KIP Aceh, namun hingga saat ini belum dikirim penggantinya,” ucapnya.

Kotak suara Pemilu 2024 produksi perusahaan kardus di Tangerang

41 Pilkada Lawan Kotak Kosong, Perusahaan Kardus di Tangerang Tawarkan Kotak Suara Berkualitas

Sebanyak 41 daerah di Indonesia akan menggelar pemilihan dengan sistem calon tunggal atau melawan kotak kosong.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024