Ribut Kotak Suara Kardus, Gerindra: Ini Sebenarnya soal Kepercayaan

Kotak suara Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Penggunaan kotak suara berbahan karton tebal tahan air atau disebut kotak kardus untuk Pemilu 2019, masih jadi perdebatan. Ketua DPP Gerindra, Ahmad Riza Patria menyindir penggunaan kotak suara kardus adalah terkait kepercayaan publik.

Prabowo Bertemu Megawati saat Ultah Besok? Begini Kata Dasco

Riza yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini, memberikan catatannya terhadap kotak kardus. Bagi dia, bila memang masyarakat percaya, sebenarnya dengan kantong kresek pun tak ada masalah.

"Kotak ini sebenarnya soal trust (kepercayaan). Mau pakai kantong kresek, kalau kita percaya juga enggak apa-apa," kata Riza dalam diskusi di UI Salemba, Jakarta Pusat, Kamis 20 Desember 2018.

Gerindra Dukung Penuh Kolaborasi Program Pendidikan Ahmad Ali-AKA dengan Prabowo

Riza menambahkan, tentu untuk membangun kepercayaan publik ada cara tersendiri. Jika memakai karton atau 'kardus', ada kekhawatiran mungkin bisa timbul tendensi kecurangan.

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara, harus bisa berpikir mensosialisasikan kepada publik.

Dasco Sebut Tokoh yang Datang ke Kertanegara Belum Tentu Jadi Menteri Prabowo

"Membangun kepercayaan itu, tentu pakai cara. Kalau pakai karton orang berpikir, jangan-jangan ada kecurangan," ujarnya.

Kemudian, ia pun bicara soal kualitas keamanan kotak kardus yang dinilai rentan. Potensi bahan kardus mudah dirusak, sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

"Dari segi pengamanan, saya menilai ini rentan. Pakai karton, ada potensi orang merusak itu mudah," katanya. (asp)  

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta

Dasco Sebut Prabowo Akan Bertemu Surya Paloh Jelang Pelantikan

Pertemuan kali ini akan dilakukan menjelang pelantikan Prabowo sebagai presiden.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024