Aksi Nekat Pengguna Motor Yamaha XMAX Ini Berujung Petaka

Yamaha XMAX tersungkur
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Yamaha XMAX menjadi salah satu tulang punggung penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pertama kali hadir pada 2017, motor matik bongsor itu sudah beberapa kali diberikan penyegaran.

Sosok Pak Tarno, Pesulap Terkenal yang Menyambung Hidup dengan Berjualan Ikan Cupang di atas Kursi Roda

Mengingat populasinya yang sudah cukup banyak, tidak heran jika beberapa pengguna Yamaha XMAX terekam kamera saat mengalami beberapa kejadian. Salah satunya saat menyeberangi sebuah jembatan bambu hingga terjatuh.

Melalui video yang diunggah akun Instagram @agoezbandz4, terlihat pengendara XMAX berusaha melewati jembatan yang terbuat dari susunan bambu. Tentu hal tersebut bukan untuk ditiru, terlebih pria yang menunggangi motor itu tidak mengenakan perlengkapan berkendara yang sewajarnya seperti helm, dan lain-lain.

Viral Tiga Polisi Masuk Sel Tahanan Usai Aniaya Warga, Netizen Salfok Penjara Tak Digembok

“Detik-detik Yamaha XMAX terjatuh dari jembatan bambu,” tulis status dalam postingan video tersebut dikutip Viva Otomotif, Kamis 20 Januari 2022.

Tidak diketahui alasan pria itu menyeberangi jembatan yang sewajarnya hanya untuk pejalan kaki, hingga aksi nekatnya berujung petaka. Sebab penyambung jalan itu tidak mampu menahan beban motor dan pegendara.

Kronologi Joki Jalur Alternatif Puncak Peras Wisatawan Rp850 Ribu, Awalnya Minta Seikhlasnya

Sehingga baru setengah jalan, jembatan itu runtuh, dan pengguna XMAX tersebut tersungkur alias jatuh ke jurang. Namun tidak ada video lanjutan yang memperlihatkan kondisi pria tersebut, begitu juga dengan motor matiknya.

Melansir situs resmi Yamaha Indonesia, motor matik tersebut memiliki bobot yang cukup berat, yaitu 179 kilogram belum termasuk beban pengendara. Dimensi panjangnya mencapai 2.185 mili meter, lebar 775 mm, dan tinggi 1.465 mm.

Motor matik pesaing Honda Forza itu dipersenjatai mesin bensin satu silinder 250cc injeksi Blue Core dengan empat katup berpendingin cairan. Tenaga maksimalnya menccapai 22,8 dk di 7.000 rpm, dan torsi puncak 24,3 Nm di 5.500 rpm.

Dapur pacunya itu mengadopsi one-piece forged crankshaft sehingga lebih rigid dan ringan saat bekerja, sehingga membuatnya lebih bertenaga. Untuk keamanan, dilengkapi fitur traksi kontrol agar meminimalisir ban belakang selip saat berkaselerasi di permukaan jalan yang licin.

Selain itu pengereman depan dan belakang disk brake didukung ABS (Anti-lock Braking System). Pada sektor kaki-kaki, pelek berukuran 15 inci pada bagian depan dibalut ban 127/70, dan belakang pelek 14 inci dibalut ban 140/70.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya