Dampak Fatal Kampas Rem Habis Tak Segera Diganti
- http://edorusyanto.wordpress.com
VIVA.co.id – Sudah menjadi hal yang mahfum kerusakan pada sepeda motor akan meluas jika salah satu komponen tak segera diperbaiki atau diganti. Maka itu, untuk meminimalkan pengeluaran biaya besar, ada baiknya sesegera mungkin mengatasi kerusakan salah satu komponen yang rusak. Salah satunya kampas rem.
Kepala Mekanik Bengkel Suzuki Motor Kalimalang, Heri, menyebut komponen pendukung seperti kampas rem yang sudah habis tetapi tetap dipaksakan akan menyebabkan kerusakan pada komponen utama rem.
Dia mengatakan pada mekanisme rem tromol, apabila habis kampas remnya kemudian dipaksakan dengan cara menyetel bautnya terlalu dalam, maka yang terjadi adalah per yang ada di dalam bisa patah dan mengakibatkan tromol aus.
"Karena disetel kencang bautnya terlalu dalam, per di dalam tromol bisa patah karena efek kejut kekencangan dan berlebih saat direm, nah patahan per bisa bergesekan langsung dengan tromol," kata Heri kepada VIVA.co.id, Selasa 8 November 2016.
Heri menegaskan, biaya yang ditimbulkan justru makin besar bila tromol sudah aus. Terlebih apabila pelek tersebut berjenis racing atau palang. Jika pelek jari-jari, tromol dijual terpisah pelek racing dijual satu set dengan tromol. "Tromol racing itu menyatu sama peleknya, kalau aus diganti satu set sama peleknya," ungkapnya.
Lebih lanjut, dia menambahkan, apabila kampas rem habis namun dipaksakan, efek buruk yang akan ditimbulkan yakni rusaknya piringan cakram karena terkikis habis. "Kampas rem habis, cakram-nya rusak, karena besi ketemu besi, piringan cakram-nya akan aus," ujar dia.