Motor NMax Mudah Kotor saat Hujan, Ini Solusinya
- viva.co.id/Jeffry Sudibyo
VIVA.co.id – Bagi pengguna Yamaha NMax ketika memasuki musim hujan sudah tidak heran kalau mesin jadi lebih kotor. Pasalnya, dengan dimensi ban lebar, Yamaha tidak menyematkan hugger atau spakbor kolong pada motor matik unggulannya itu.
Steven, penggawa Layz Motor di kawasan Jalan Panjang Jakarta mengatakan, karena standar NMax tidak ada hugger atau spakbor kolong pada roda belakang maka aksesori untuk ‘kebersihan’ motor ini banyak beredar.
Menurutnya, hugger ini untuk meminimalisasi cipratan air yang sering mengotori mesin, kalau keadaan jalanan basah atau dalam kondisi hujan. Menariknya, hugger buatannya dapat menggunakan ukuran ban maksimal hingga 150/14.
Lalu bagaimana cara pemasangannya? Ternyata pemasangannya cukup simpel. Yang pertama, buka dahulu box CVT sebelah kiri dan filter udara agar memudahkan Anda memasang baut pegangan braket hugger. Untuk membuka box CVT dan filter udara dibutuhkan kunci T10 dan obeng plus.
Setelah itu, pasang baut 10 tambahan yang ukurannya pendek untuk pegangan bracket, dan atur tinggi rendahnya bracket sesuai selera. “Baut pegangan bracket sudah disediakan setiap pembelian hugger, pun dengan bracket-nya,” tuturnya.
Ia mengatakan, untuk bracket-nya sendiri terbuat dari besi, kalau hugger-nya terbuat dari fiber, warnanya beragam ada hitam, merah, putih, abu-abu dan lain-lain tergantung pemesanan. “Untuk harganya sendiri kami banderol Rp275 ribu,” katanya.