Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

Ilustrasi. SPG di pameran otomotif.
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA.co.id - Ajang pameran otomotif biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berburu mobil idaman. Umumnya, calon konsumen sudah mengetahui mobil apa yang hendak jadi target buruannya di pameran otomotif. Namun tak sedikit dari mereka yang justru kepincut mobil lain, yang sebenarnya tak dilirik sebelumnya.

Salah satu kesalahan pembelian mobil terjadi karena beberapa faktor. Dilansir Autosyahoo, salah satunya karena terperdaya senyum dan bujuk rayu sales promotion girl (SPG). Setidaknya hal ini merupakan fakta yang disampaikan Consumer Repots, melalui data sebuah lembaga survei di Amerika Serikat.

Disebutkan, peran SPG cantik dan seksi di pameran otomotif memang memiliki fungsi demikian, yakni berusaha ‘mengail’ target calon konsumen yang hendak membeli mobil. Menurut survei, pendekatan melalui lirikan SPG bisa membuat calon konsumen lebih rentan tidak objektif dalam memilih kendaraan.

Padahal, sejatinya, untuk memilih kendaraan yang terbaik, calon konsumen harus fokus, tidak terpengaruh emosi sesaat.

Selain terperdaya SPG, ada kesalahan lain yang kerap terjadi saat melakukan pembelian mobil di pameran otomotif, yakni melewatkan sesi test drive. Padahal, test drive adalah salah satu bagian terpenting dari proses pembelian mobil. Banyak kendaraan tampak bagus di atas brosur, tapi setelah test drive tak sesuai dengan harapan.

Kesalahan lainnya, terlalu fokus pada besaran cicilan, jika Anda membeli mobil melalui perusahaan pembiayaan. Padahal, pada hakikatnya Anda membeli perjanjian, bukan membeli kendaraan.

Ada baiknya Anda bersikeras dalam negosiasi, seperti penetapan uang muka kendaraan, pembayaran cicilan, dan status kendaraan saat masih leasing.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan