Mobil Meledak Saat Tangki Bensin Ditembak Hanya Mitos Konyol

Mobil NASCAR Pablo Montoya menabrak truk bahan bakar, kemudian meledak
Sumber :
  • REUTERS/Pierre Ducharme

VIVA.co.id - Bagi Anda yang hobi menonton film laga Hollywood tentu sudah tak asing lagi dengan adegan yang satu ini. Ya, sering kali dalam sebuah adegan, mobil meledak setelah tangki bensin kena tembakan.

Rupanya cerita itu hanya mitos konyol yang memang masih diyakini banyak orang. Faktanya, mobil tak akan meledak meski tangki bensin ditembak. Sebab, tak ada oksigen cukup di dalam tangki bensin untuk memicu ledakan.

Sebelum membahas hal ini lebih jauh, perlu diketahui bahwa cairan bensin sebenarnya sangat sulit terbakar. Bahkan, saat bensin disundut dengan rokok pun, ia tidak akan menyala. Bensin cair justru memadamkan rokok.

Bensin hanya dapat menyala ketika disundut dengan api seperti korek api. Jadi juga sangat konyol jika beberapa film Hollywood ada adegan melemparkan rokok ke genangan bensin dan api muncul.

Begitu pula dengan aksi tembakan di tangki bahan bakar. Ini tidak akan terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut tentu menggunakan gas.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dalam kesempatan ini, VIVA.co.id merangkum dari berbagai sumber untuk membeberkan penjelasan ilmiahnya.

Memang benar jika yang ditembak adalah tangki berisi uap bensin, gas propana, hidrogen, atau oksigen potensi menyebabkan ledakan. Tapi, itu juga memerlukan mekanisme yang lebih rumit. Harus ada satu lubang kecil di tangki, kemudian ada sumber api, dan ada gas di dalam tangki yang menguap hingga titik tekanan berlebih.

Hal ini tidak dapat dicapai oleh peluru karena biasanya peluru akan menembus sisi lain dari tangki dan menciptakan dua lubang. Akibatnya, gas bocor lewat dua lubang dan segera lepas dari tangki sebelum mencapai titik tekanan berlebih.

Pada saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar yang dapat memicu ledakan. (one)

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016