Kelebihan dan Kekurangan Gunakan Lampu Xenon pada Kendaraan

Ilustrasi lampu mobil.
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id - Penggunaan Lampu HID atau yang akrab disebut dengan lampu Xenon kini semakin sering ditemui. Maklum saja, lampu ini dianggap punya keunggulan karena sinar terang yang dipancarkannya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Lampu Xenon merupakan bola lampu dengan arus terukur yang di desain secara khusus untuk menciptakan efek cahaya yang kuat. Biasanya, lampu ini menjadi pilihan para pecinta modifikasi untuk memberikan penyinaran yang sempurna.

Selain itu, lampu ini juga dianggap menjadi solusi mengembalikan performa lampu kendaraan yang mulai redup karena faktor usia reflektor. Hal itu diungkapkan Firdaus salah satu mekanik bengkel di Ciputat saat ditemui VIVA.co.id.

Ada banyak jenis lampu xenon yang kini beredar di pasaran seperti H1, H3 hingga HB4. Semua hanya dibedakan kedudukan bohlamnya. Dengan lampu ini, sinar tentu akan lebih terang dibanding lampu standar bawaan kendaraan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Manfaat lainnya, lampu xenon ini juga tak mudah putus karena terdapat tahanan dalam sistem rangkaiannya. Dan yang tak kalah penting, lampu ini juga lebih hemat dibandingkan lampu standar.

Namun dibalik keunggulan-keunggulan tersebut, lampu jenis ini juga punya kelemahan. Karena efek cahaya yang dihasilkan terlalu terang, kadang lampu ini akan mengganggu pengguna jalan yang lain saat berpapasan.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Untuk beberapa merek, meski terang, terkadang kualitasnya kurang bagus karena tak mampu menembus kabut. Dan yang tak kalah penting, lampu xenon akan cepat membuat krom reflektor dan kaca lampu menjadi kusam.

Dan terakhir, tentu untuk membeli lampu ini harus menyediakan dana yang lebih besar dibanding membeli lampu standar. (ren)

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016