Ini Ciri-ciri Baterai Smart Key Motor Harus Diganti

Kunci terbaru Smart Key System New Honda Vario 125
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Jakarta, VIVA –  Saat ini banyak sepeda motor yang menggunakan kunci motor yang lebih modern dan aman yang disebut smart key atau keyless. Perangkat kunci motor ini sudah tidak lagi menggunakan batang kunci untuk menyalakan mesin dan membuka bagasi. 

Persiapan Musim Hujan, Catat Waktu yang Tepat Ganti Wiper Mobil

Karena batang besi yang biasa dijadikan kunci kontak sudah digantikan dengan remote canggih, dengan kunci remote itu, bukan hanya menyuguhkan kesan mewah dan modern, tetapi juga membuatnya lebih praktis, mudah, serta keamanannya kian meningkat.

Pada sepeda motor merek Honda, kunci canggih ini disebut Honda Smart Key System yang terdapat pada Honda PCX hingga Honda Beat, namun penggunaan kunco canggih ini tidak bisa sembarangan, karena salah perlakuan bisa membuatnya rusak.

Mengenaskan, Segini Korban Meninggal Kecelakaan Lalu Lintas dalam Setahun

Selain itu, perlu diketahui ada beberapa ciri di mana baterai remote yang sudah hampir habis masa pakainya. Seiring seringnya pemakaian, kondisi baterai remote keyless bisa melemah, sehingga perlu segera diganti sebelum mati total.

Smart key pada All New Honda Beat 2024

Photo :
  • Astra Honda Motor
All New Yamaha YZF-R9 Resmi Mengaspal dengan Harga Rp210 Jutaan

Lantas, apa tanda baterai sudah lemah? Bisa dikenali dari lampu indikator pada remote keyless yang tampak redup. Dikutip dari Wahana Honda, biasanya, jarak jangkauan remote memendek saat tombol answer back ditekan. 

Selain itu, saat baterai remote lemah, indikator smart key di panel instrumen akan hidup dan berkedip saat knop keyless diputar. Karena sangat bergantung pada kondisi baterai, maka harus lebih memperhatikan jika salah satu tanda di atas muncul.

Untuk tipe baterai, remote keyless matic Honda memakai baterai koin tipe CR2032, dan ini mudah didapat di toko jam atau peralatan kantor. Nah, untuk menjaga kondisi baterai Smart Key tetap prima, lakukan perawatan motor di bengkel yang terpercaya.

Deus Slidetoberfest 2024

Motul Turut Meriahkan Acara Deus Slidetoberfest 2024

Acara tahunan ini menggabungkan dua dunia, yaitu sepeda motor dan selancar, yang berlangsung pada Oktober 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2024