Tips Aman Meninggalkan Motor Saat Liburan Panjang

Ilustrasi parkir motor di rumah
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta, VIVA – Saat merencanakan liburan panjang, banyak pemilik kendaraan bermotor sering kali merasa khawatir dengan keamanan motor yang ditinggalkan.

Detik-detik Pria di Tanah Abang Ditembak hingga Jatuh, Motor Dibawa Kabur Pelaku

Motor yang dibiarkan di rumah dalam waktu lama berisiko menjadi sasaran pencurian atau mengalami kerusakan akibat kondisi yang tidak terawat.

Berikut beberapa tips agar motor tetap aman selama ditinggalkan, dikutip VIVA dari laman Honda, Minggu 15 September 2024:

Pria Ngaku Polisi Bawa Kabur Motor Warga Saat Transaksi Jual Beli di Tangsel

Parkir di Tempat Aman

Pastikan motor diparkir di tempat yang aman, seperti garasi tertutup atau area yang terpantau oleh CCTV. Jika tidak ada garasi, pilih tempat yang terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung. Memarkir di tempat yang aman bisa mengurangi risiko pencurian dan kerusakan akibat cuaca.

Harga iPhone 16 Bisa Beli Motor Baru Ini dan Masih ada Kembalian

Gunakan Kunci Tambahan

Kunci cakram motor

Photo :
  • Motorbikewriter

Selain kunci standar, gunakan kunci ganda seperti kunci cakram atau rantai. Ini akan menyulitkan pencuri untuk mengambil motor.

Cabut Aki Motor

Jika motor ditinggalkan selama lebih dari seminggu, disarankan untuk mencabut aki. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya aki agar tidak habis.

Tutupi Motor dengan Cover

Untuk menjaga motor dari debu, hujan, dan sinar matahari, gunakan penutup motor. Ini juga bisa menjadi penghalang tambahan agar motor tidak terlalu menarik perhatian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya