Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Bahaya Motor Pakai Kampas Rem Palsu

Honda BeAT Street generasi terbaru
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – Kampas rem menjadi spare part yang masuk kategori fast moving, artinya perlu diganti dalam waktu cepat seiring penggunaan sepeda motor. Hal yang wajar, lantaran kampas rem bisa habis karena gesekan.

IMHAX 2024 Surganya Obat Ganteng Pengguna Motor

Memanfaatkan gesekan yang terjadi antara dua sisi kampas rem dengan piringan cakram. Ketika pedal, atau handle rem ditekan maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper.

VIVA Otomotif: Ilustrasi kampas rem motor

Photo :
  • Dok: Elig
Tips Mengendarai Motor di Jalan Basah

Piston ini akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan menjadi terhenti. Artinya tugas kampas rem sangat vital, karena menjadi penentu akhir, pakem atau tidaknya rem.

Kampas rem merupakan komponen yang memiliki tugas untuk menekan piringan, atau tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi ini menyebabkan komponen itu semakin lama akan semakin menipis.

Dilelang Motor Balap Ducati Ini Harganya Setara Beli 7 Alphard Baru

Untuk mencari parts tersebut sangat mudah, pengguna motor bisa melakukan pergantian di bengkel resmi, atau bengkel umum. Kampas rem yang beredar di pasar statusnya ada yang original pabrikan, aftermarket, hingga palsu.

Biasanya kampas rem palsu menyerupai aslinya, baik secara kemasan, bentuk, hingga hologram yang menempel di kemasan pun serupa. Tapi perbedaan paling mencolok adalah harganya yang lebih murah dari originalnya.

Oleh sebab itu jangan tergiur harga murah, terutama buat mereka yang melakukan pembelian kamaps rem secara online. Lantas apa dampak buruknya jika pakai kampas resm palsu?

Menurut keterangan jaringan diler Wahana Honda, kampas rem palus cepat haus, karena struktur material yang lebih keras daripada original, maka kampas rem palsu dapat menyebabkan piringan cakram terkikis.

Hal ini disebabkan karena gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan cakram.

Kemudian gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu yang memiliki jenis material tidak standar atau dianggap lebih keras menyebabkan bunyi abnormal pada saat pengereman. Tentunya, ini akan mengganggu Anda ketika berkendara.

Kampas rem palsu mungkin akan akan lebih awet dibandingkan dengan kampas rem genuine atau originalnya. Namun, walaupun material kampas rem palsu lebih keras tetapi tingkat kepakeman kampas rem palsu tidak sebaik kampas rem original.

Kampas rem ori yang cenderung lebih empuk bisa bekerja dengan optimal dengan memberikan daya cengkram ke cakram yang lebih baik pada saat pengereman berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya