Mobil Matik Bekas Dicari Orang, Tapi Sebelum Beli Wajib Tahu 5 Hal Ini

Ilustrasi mobil matik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mobil matik cendrung lebih dicari orang, sehingga dalam kondisi bekas harganya lebih stabil daripada manual. Umumnya warga perkotaan yang menyukai mobil dengan sistem transmisi otomatis.

Tips Mengendarai Motor di Jalan Basah

Kondisi tersebut sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun silam, saat sebagian masyarakat khawatir terkait perawatan mobil matik yang dikenal lebih mahal.

Mobil bekas di OLXmobbi Cilandak

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo
Ini Dampaknya Jika Motor Injeksi Sering Dibiarkan Habis Bensin

Riswan Susilo Marketing LB Auto, sekaligus salah satu juru taksir di platform jual beli online , menjelaskan, zaman sekarang sudah berbeda, di mana kebutuhan mobil bekas transmisi matik meningkat.

“Peminatnya lebih banyak matik sekarang, males juga orang kalau macet. Sekarang manual paling buang unit ke daerah harganya masih tinggi,” ujar Riswan kepada Viva Otomotif, Sabtu 24 Agustus 2024.

Taruh Botol Air Mineral di Mobil Bisa Picu Kebakaran, Ini Penjelasannya

Tapi sebelum meminang mobil bekas matik, pembeli perlu mencobanya terlebih dahulu, dan memeriksa beberapa bagian. Tujuannya agar tidak keluar biaya banyak, karena harus meperbaiki transmisi.

Melalui keteranan resmi Auto2000 sebagai jaringan diler Toyota, dijelaskan ada 5 hal yang perlu diperhatikan ciri-ciri transmisi mobil matik bermasalah.

Pertama jika tercium bau terbakar dari dalam kabin saat mobil berjalan, diduga karena transmisi mengalami overheating, atau suhu panas berlebih yang muncul akibat komponen di dalam tidak terlumasi maksimal.  

Pelumas transmisi yang lebih kental dari oli mesin itu tidak hanya berfungsi memuluskan pergerakan komponen semisal girboks, namun juga menjaga suhu tetap stabil.

Kedua apabila mobil terasa bergetar, kamu bisa melakukan pengecekan secara mendalam. Mungkin hal itu terjadi karena kampas kopling mulai aus, sehingga permukaannya tidak merata.

Ketiga suara mendengung, bisa jadi terdapat indikasi yang berhubungan dengan mesin. Dijelaskan dalam keterangannya ketika mendengar suara mendengung, sebaiknya langsung memeriksa kondisi transmisi.

Terlebih bila suara mendengung itu dibarengi dengan bunyi mirip ketikan benda tumpul yang saling beradu. Suara itu biasanya timbul akibat adanya transmisi yang saling berbenturan.

Besar kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya dorongan oli transmisi. Perlu digarisbawahi, pad akondisi normal mobil matic tidak mengeluarkan suara kasar.

Keempat cairan transmisi berubah, kebocoran cairan transmisi juga merupakan salah satu tanda ada yang tidak beres pada mobil matik. Sekadar informasi, cairan transmisi matik memiliki warna merah terang, bersih.

Bila warnanya terlihat sudah gelap, bahkan menimbulkan bau terbakar maka sebaiknya langsung diganti supaya tidak menyebabkan permasalahan lanjutan.

Kelima akselerasi mobil lebih lambat, meksipun pedal gas sudah diinjak dalam namun akseslerasi tidak bertambah, maka diduga ada masalah pada transmisi. Bila hal ini terjadi, kemungkinan drive plat kopling sudah sangat tipis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya