Tak Cuma soal Waktu Ganti, Pilihan Oli Mesin Kendaraan Juga Mesti Diperhatikan

Pelumas mesin oli Eneos
Sumber :
  • PT Nippon Oil Indonesia

Jakarta, VIVA –  Salah satu merawat kendaraan baik mobil atau motor adalah menjaga kondisi oli mesin. Untuk mengganti oli sendiri tidak bisa sembarangan karena mempertimbangkan banyak faktor, begitu juga dengan jenis olinya.

Tips Mengendarai Motor di Jalan Basah

Jika terlambat atau bahkan tidak ganti oli, dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan serius pada mesin kendaraan. Fungsi oli sendiri sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas mesin, serta anti korosi pada komponen.

Seperti yang disampaikan oleh Imran Razy selaku General Manager PT Nippon Oil Indonesia, yang jadi produsen dan pemasar oli Eneos di Tanah Air. Dia mengatakan, oli sangat terkait dengan kinerja dan performa kendaraan.

Manfaatkan Relaksasi, 90.394 Unit Kendaraan di Bali Lakukan Pembayaran Pajak

Pelumas mesin oli Eneos

Photo :
  • PT Nippon Oil Indonesia

"Penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi pelumasan disetiap mesin kendaraan," ujar Imran dalam keterangan resminya, yang dikutip VIVA Otomotif, Sabtu 24 Agustus 2024.

Tekan Angka Polusi, Kemenko Marves Tegaskan RI Butuh Bahan Bakar Berkualitas Baik

Perihal waktu mengganti mengganti oli kendaran, yang dianjurkan adalah setiap 5.000 - 10.000 Km untuk mobil. Sedangkan pada motor tergantung pemakaian, biasanya di antara  3.000 – 4.000 Km.

Selain rutin ganti oli, penting juga untuk memilih kualitas dan spesifikasi oli. Jika Anda asal pilih oli dan ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

Untuk memilih oli yang tepat adalah menyesuaikan tingkat kekentalan oli dengan masing-masing jenis kendaraan dan pada umumnya sudah direkomendasikan di buku manual kendaraan. Untuk mobil keluaran bar umembutuhkan kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30.

Sedangkan untuk kendaraan tahun lama, oli yang dibutuhkan harus lebih kental seperti 20W-50, 10W-40 atau lainnya. Eneos sebagai merek oli nomor 1 di Jepang ini, menyediakan berbagai pelumas dengan kualitas tinggi untuk mobil dan motor.

Pelumas mesin Eneos

Photo :
  • PT Nippon Oil Indonesia

Mulai dari kendaraan keluaran tahun lama hingga mobil berteknologi Hybrid dan turbo sertavarian oli untuk mobil berbahan bakar diesel dan bensin. Di tahun ini, ENEOS juga meluncurkan varian produk terbarunya untuk oli mobil, yaitu ENEOS X Series yang disempurnakan dengan New Additive Titanium.

Di mana, teknologi aditif terbaru dan pertama di Indonesia. Aditif Titanium terbukti mampu memberikan perlindungan hingga ke komponenterkecil pada mesin, menjadikan mesin minim getaran sehingga memberikan pengalaman kenyamanan berkendara yang sesungguhnya. 

"Oli ENEOS yang diproduksi dengan teknologi tinggi serta menggunakan base oil danaditif pilihan, mampu memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan gunamemastikan kendaraan yang dipakainya akan memiliki performa terbaik," papar Imran Razy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya