Jangan Asal Main Salip Kendaraan saat Kendarai Motor, Perhatikan Hal-hal Ini

Mengendarai sepeda motor di jalan
Sumber :
  • Wahana Makmur Sejati

Jakarta, VIVA –  Saat berkendara di jalan, terkadang kita dikejar waktu dan memaksa untuk mendahului atau menyalip kendaraan lain. Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut harus memperhatikan banyak hal di sekitar kita.

IMHAX 2024 Surganya Obat Ganteng Pengguna Motor

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jam sibuk, memang menjadi salah satu hal yang melelahkan baik secara fisik juga psikologis. Terkadang, berimbas pada cekcok sesama pengguna jalan bahkan fatalnya akan berakibat terjadinya kecelakaan.

Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS), himbau pengendara harus tetap sabar dalam segala kondisi. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan mendahului kendaraan, baik dari segi teknis dan non teknis.

Tips Mengendarai Motor di Jalan Basah

Faktor Teknis
1.Pastikan saat mendahului gunakan lampu sein, ini sebagai penanda bagi pengendara yang persis berada di belakang kita. Jangan langsung memotong jalur, ini tidak boleh dilakukan karena berbahaya.

2.Pada saat ingin mendahuli kendaraan yang ada di depan, pastikan kondisi jalur. Jangan dipaksakan jika terlalu sempit, biasanya kondisi ini terjadi pada saat jalanan padat.

Manfaatkan Relaksasi, 90.394 Unit Kendaraan di Bali Lakukan Pembayaran Pajak

3.Marka jalan jangan diabaikan, jika ingin mendahului kendaraan lakukan pada marka jalan terputus-putus, bukan pada marka jalan tidak terputus.

Faktor Nonteknis
1.Bukan saat kondisi emosi, faktor emosional bisa sangat mempengaruhi kondisi kita untuk menyalip kendaraan secara tidak sabar dan asal ‘srobot’. Baiknya, pada kondisi yang tenang supaya proses mendahului kendaraan bisa dilakukan dengan aman.

2.Fokus selalu saat berkendara, perhatikan sekeliling yang ada dijalan. Pandangan harus selalu menghadap kedepan, sembari sesekali memperhatikan sebelah kiri atau sebelah kanan dan cek spion untuk perhatikan kendaraan di belakang.

3.Pastikan kondisi fisik tidak lelah, kadang lelah sebabkan pengendara ingin terburu-buru sampai ke tempat tujuan. Segeralah menepi dan istirahat sebentar, karena posisi lelah bisa berakibat pada hilangnya fokus berkendara.

Mengendarai sepeda motor di jalan

Photo :
  • Wahana Makmur Sejati

“Jadi, jangan sembarang mendahului, baik pada kondisi jalan yang lengang ataupun padat. Ada faktor teknis dan non teknis yang harus selalu diperhatikan. Hal-hal seperti ini wajib menjadi perhatian khususnya bagi para pengguna sepeda motor, untuk menghindari berbagai kendala dan kemungkinan buruk yang akan terjadi di jalan,” ungkap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 23 Agustus 2024.

Penting bagi pengendara sepeda motor juga untuk selalu mematuhi aturan rambu lalu lintas yang berlaku, juga selalu memperhatikan kelengkapan berkendara seperti menggunakan helm, sarung tangan, jaket serta membawa surat-surat berkendara.

“Tidak cuman perihal faktor teknis dan non-teknis yang harus diperhatikan, ketika menggunakan sepeda motor jangan lupa untuk selalu memperhatikan kelengkapan berkendara dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki, ditambah selalu membawa surat-surat berkendara dan perhatikan rambu yang berlaku, ini sudah pasti makin #Cari_Aman,” tutup Agus Sani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya