Tips Berkendara Aman Pakai Mobil Listrik, Cocok untuk Pemula

Mobil listrik Neta X
Sumber :
  • Neta Auto Indonesia

Jakarta, VIVA – Pasar otomotif Indonesia saat ini tengah diramaikan oleh beragam mobil listrik dengan desain futuristik dan fitur-fitur berteknologi canggih.

Cuma Jualan Mobil Listrik, Berapa Banyak yang Beli Brand Ini di Indonesia

Kendaraan elektrifikasi ini masih cukup baru untuk masyarakat, tak sedikit yang masih membutuhkan penyesuaian dalam mengemudikan mobil listrik.

Penyesuaian tersebut perlu dilakukan untuk memastikan perjalanan agar berjalan baik di berbagai kondisi cuaca.

Harga Masih Misteri, Chery Klaim iCar 03 Telah Terpesan 150 Unit Lebih

Dilansir VIVA dari keterangan resmi Neta, berikut ini ada beberapa tips berkendara dengan mobil listrik agar perjalanan lebih nyaman tanpa hambatan.

Pertama, pengemudi bisa memastikan baterai kendaraan terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Pastikan, untuk mengisi dayanya hingga penuh atau minimal 80 persen.

Mobil Hybrid Bergaya Wagon Ini Sudah Bisa Dipesan, Harganya Bikin Penasaran

Mobil listrik Neta X

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kehabisan daya, saat cuaca atau kondisi jalanan tidak sesuai yang diinginkan.

Kedua, pemilik mobil listrik bisa memeriksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan juga ban memiliki daya cengkeram yang baik.

Terutama saat musim hujan, pastikan permukaan ban masih ideal untuk mencegah tergelincir di jalan yang licin.

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan mode berkendara yang sesuai. Saat ini, mobil listrik umumnya sudah dibekali dengan beberapa mode berkendara, ada yang berupa mode Normal, Eco, Sport, atau lainnya.

Misal, pada mobil listrik terbaru Neta X yang baru saja diperkenalkan pada GIIAS 2024 lalu. Mobil SUV ini sudah dibekali dengan mode berkendara Comfort, dimana mode ini akan mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan.

Terakhir, pemilik kendaraan perlu memahami fitur-fitur canggih yang berada di mobil listriknya. Seperti, pada mobil listrik Neta X yang menawarkan sistem berbagai sistem keamanan canggih.

Contohnya, ada Smart Driving dengan 9 fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yang terdiri dari Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full-Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), High Beam Assist (HBA), dan masih banyak lagi.

Adapun, fitur-fitur tersebut dirancang untuk membantu pengemudi berkendara dengan lebih aman di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Dengan mengikuti tips aman berkendara tersebut,  diharapkan pemilik mobil listrik tidak perlu merasa khawatir saat melakukan perjalanan di segala kondisi jalanan dan cuaca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya