Berkendara Saat Hujan Deras Bikin Mobil Bisa Tersambar Petir?

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

Jakarta, VIVA – Hujan deras kerap diikuti oleh petir yang dapat menimbulkan bahaya untuk berbagai objek di sekitarnya.

Mobil Tertimpa Pohon di Kabupaten Langkat, 3 Orang Satu Sekeluarga Tewas

Sambaran dari petir bisa saja mengenai apa saja dibawahnya, termasuk bangunan, pohon, makhluk hidup, bahkan ternyata bisa berdampak pada kendaraan.

Baru-baru ini terdapat sebuah video beredar di media sosial, yang memperlihatkan sebuah mobil hampir terkena sambaran petir yang cukup kilat. Lantas, apakah sambaran petir ini bisa mengenai kendaraan?

Chery Berencana Siapkan Mobil yang Khusus untuk Pasar Indonesia

Sony Susmana selaku Safety Defensive Consultant Indonesia menyampaikan bahwa sambaran petir bisa berdampak pada mobil atau benda-benda apapun terutama saat berada di ruang terbuka.

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Photo :
  • Dok: ADM
Viral Kecelakaan Mobil Tertimpa Material Proyek LRT Jakarta

"Bisa (terkena sambaran petir), baik itu mobil atau benda-benda apapun bisa terkena. Apalagi di ruang yang terbuka seperti jalan raya," ujarnya saat dihubungi VIVA pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Menurutnya, penumpang ataupun pengemudi tidak perlu khawatir jika mobil tersambar petir saat melaju di tengah hujan deras.

"Ketika berada di dalam kabin mobil selama kering atau tidak basah itu aman, karena mereka seperti di Sangkar Faraday. Terutama, ban mobil terbuat dari karet dan akan menjadi isolator yang baik," tuturnya.

Ia menambahkan, "Meski penumpang di dalam mobil memainkan Smartphone, mereka tetap aman selama tertutup di dalam kabin,"

Lebih lanjut, Sony menjelaskan ada beberapa hal buruk yang bisa dialami mobil ketika sudah tersambar oleh petir.

"Walaupun sebenarnya bakal aman, namun sambaran petir pada mobil ini bisa menimbulkan kerusakan sistem kelistrikan, menghancurkan fitur-fitur, sistem pengereman, sistem kemudi, Airbag, kabel-kabel meleleh, dan lainnya yang terhubung pada ECU (Engine Control Unit)," jelasnya.

Adapun, Sony meminta bagi para penumpang dan pengemudi untuk tidak panik ketika kejadian ini terjadi.

"Yang harus diwaspadai justru bahaya jika pengemudi kaget dan panik dalam kondisi hujan, potensi slip justru besar akibat itu. Jadi biasakan kurangi kecepatan saat hujan, itu salah satu cara antisipasi yang bisa dilakukan," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya