Mau Beli Mobil Baru di GIIAS 2024 Masyarakat Wajib Tahu Ini Biar Gak Nyesel

Booth Suzuki di IIMS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2024. Pameran tahunan itu bukan hanya menampilkan deretan mobil-mobil baru, namun banyak promo menarik.

Sejumlah brand yang hadir di pameran tersebut umumnya punya program pembelian untuk mempermudah konsumen. Bahkan demi dongkrak penjualan, promo dan diskon yang diberikan biasanya lebih besar daripada pembelian di diler.

Maka tidak heran jika pameran otomotif tersebut kerap dimanfaatkan masyarakat untuk membeli mobil baru, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi agar tidak menyesal di kemudian hari.

4W Marketing Director PT SIS, Harold Donnel mengatakan, pameran GIIAS yang diadakan setiap tahun sering dimanfaatkan pengunjung untuk membeli mobil baru impiannya. Namun sebelum memutuskan beli mobil baru butuh beragam pertimbangan.

"Menjelang GIIAS 2024, sejumlah masyarakat sudah memiliki rencana untuk pembelian. Agar calon pelanggan lebih mudah menjatuhkan pilihan paling tepat, kami memberikan panduan termudah dan komprehensif,” ujar Harold, dikutip dari keterangannya, Rabu 10 Juli 2024.

Pertama pastikan kebutuhan, dan tentukan budget sesuai kondisi keuangan. Keberagaman pilihan mobil baru menyajikan fungsi, teknologi maupun fitur yang terkadang menggiurkan, tetapi hanya menjadi pelengkap dari kebutuhan dasar.

Maka sebelum memutuskan membeli mobil baru, sebaiknya pahami inti kebutuhan dasar, dan rencana penggunaannya. Karena berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan, dan pastikan dana tabungan bisa dialokasikan untuk uang muka ditambah asuransi.

Jika dirasa cukup buatlah daftar pilihan mobil sesuai kriteria kebutuhan, dan anggaran agar lebih mudah melakukan seleksi. Kemudian untuk memastikan mobil yang ingin dibeli, usahakan mencobanya secara langsung.

Melakukan test drive sangat disarankan karena calon pelanggan dapat menguji kinerja mesin, transmisi, maupun kelengkapan fitur lainnya guna memberikan pengaruh pada kenyamanan juga kepuasan berkendara. Sehingga bisa mempelajari, dan mengevaluasi fitur-fitur pada mobil yang diinginkan agar sesuai dengan ekspektasi maupun karakteristik pengguna. 

Tidak kalah penting adalah menanyakan biaya perawatan. Setiap pelanggan tentu berharap dapat menggunakan mobilnya dalam jangka waktu panjang, salah satunya melalui perawatan secara periodik. Sehingga sangat penting memastikan bahwa layanan after sales sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu dapat diakses dengan mudah lokasi bengkel, serta biaya terjangkau. Mengakomodir kebutuhan ini, calon pelanggan dapat berkonsultasi mengenai biaya service, keberadaan bengkel resmi terdekat, ketersediaan suku cadang, dan hal penting lainnya kepada wiraniaga Suzuki.

Suzuki Ajak Pemilik GSX-R150 dan Satria F150 Balapan di Sentul