Biar Gak Keluar Uang Banyak, Pemilik Innova Zenix Hybrid Wajib Tahu Ini

VIVA Otomotif: Toyota Innova Zenix
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota menjadi salah satu brand dengan lineup mobil hybrid terbanyak di Indonesia. Bahkan saat ini mereka sudah memiliki dua model yang dibuat lokal, yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid, dan Yaris Cross Hybrid.

Honda Freed Generasi Terbaru Resmi Dijual dengan Harga Rp 250 Jutaan, Ada Varian Hybrid

Kedua mobil yang menggabungkan mesin bensin, dan motor listrik penggerak itu menjadi varian tertinggi dari versi konvensional. Menggunakan sistem HEV (Hybrid Electric Vehicle) yang bekerja secara paralel.

Toyota Yaris Cross Hybrid Nanjak ke Kawasan Bromo

Photo :
  • Arianti Widya
Terpopuler: Bocah Pesepeda vs Ojol Bikin Kecewa, Besarnya Diskon Suzuki Jimny

Mengingat Innova Zenix HEV, dan Yaris Cross HEV punya dua tenaga, maka secara perawatan agak berbeda dengan mobil konvensional yang hanya mengandalkan mesin pembakaran sebagai penggeraknya.

“Harus tetap memperhatikan kondisinya, dan tidak abaik dalam melakukan perawatan berkala,” ujar Marketing Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, dikutip dari keterangannya, Jumat 28 Juni 2024.

Punya Uang Segini Bisa Kredit Yaris Cross, Cicilan Termurah Setara Gaji UMR

Jika mobil dibiarkan bekerja tanpa perawatan berkala, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan, dan ujung-ujungnya bisa keluar uang banyak. Lantas apa yang perlu dilakukan pemilik untuk perawatan mobil hybrid tersebut?

Menurut keterangan resmi Auto2000 sebagai jaringan diler Toyota, ada 10 komponen yang wajib diperiksa secara berkala. Namun yang paling inti adalah dinamo listrik, dan baterainya sebagai penyimpang energi.

Motor listrik yang menjadi penggerak roda depan Innova Zenix, atau Yaris Cross hybrid merupakan komponen di area kolong lain yang wajib dicek. Karena tugasnya tergolong berat sebagai penerus tenaga.

“Apalagi kalau mobil melewati jalan banjir, atau rusak. Pastikan tidak ada masalah pada parts penting ini dengan servis berkala di bengkel Auto2000,” tulis keterangannya, dikutip, Jumat 28 Juni 2024.

Kemudian baterai, meskipun memiliki pelindung yang kuat, lokasi baterai di bawah dek penumpang cukup rawan masalah seperti terkena benturan, panas, dan air.

Cek baterai dan rumahnya, termasuk kisi-kisi pendingin seperti milik Kijang Innova Zenix HEV yang berada di bawah jok penumpang depan. Jangan sampai lubang udara tersebut tertutup karena akan membuat baterai overheat.

Selain itu jangan lupa juga bagi mobil hybrid Toyota yang jarang digunakan, jangan hanya rutin memanaskan mobil tapi juga menjalankan mobil, supaya perfroma baterai tetap terjaga.

Sisanya 8 komponen lain yang perlu diperiksa, meliputi ban, sektor kaki-kaki seperti suspensi, sistem pengereman, oli mesin, cairan-cairan kendaraan seperti air radiator, hingga kondisi AC mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya