Wiper Mobil Tidak Perlu Diangkat saat Parkir, Ini Alasannya

Ilustrasi wiper mobil
Sumber :
  • Detailingwiki

Jakarta – Kaca mobil yang terkena air hujan atau suatu kotoran biasanya akan dibersihkan dengan menggunakan wiper, yang terletak di bagian depan dan belakang.

Produsen Ungkap Alasan Penjualan Mobil Tertahan di 1 Juta Unit

Wiper ini memiliki peranan penting untuk keselamatan para pengendara terutama saat berkendara di kala hujan deras yang bisa menyebabkan kaca mobil akan berembun. Tentu saja, embun di kaca ini akan menghalangi pandangan pengendara.

Salah satu penyedia wiper di Indonesia, Bosch melihat bahwa sangat penting bagi para pemilik mobil dalam merawat wiper yang aman dan bisa berfungsi.

Harga Suzuki Jimny Bekas Masih Tembus Rp400 Jutaan

Pirmin Riegger selaku Managing Director of Bosch in Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya berfokus pada keamanan berkendara bagi pengemudi mobil.

Bosch, penyedia wiper mobil

Photo :
  • Arianti Widya
Hari Ini, Jakarta Kota Paling Berpolusi Pertama di Asia Tenggara dan Ketiga se-Dunia

"Sangat penting bagi para pengemudi dalam memerhatikan produk wiper yang baik dan membantu pengendara selama di perjalanan," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di Jakarta Pusat.

Sementara itu, Rifat Sungkar selaku praktisi safety riding mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih dan merawat wiper mobil.

"Sebenarnya tidak ada perawatan atau cara khusus, terpenting itu kita harus paham kalau karet wiper itu punya jangka waktu," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Ia menambahkan, "Melihat iklim di Jakarta, saya saranin dua tahun harus ganti. Kalau satu tahun bisa ganti ya lebih baik,"

Kemudian, Rifat mengatakan bahwa pemilik mobil tidak perlu mengangkat wiper saat parkir.

"Karena permukaan wiper sudah rata tidak seperti jaman dulu, jadi tidak perlu mengangkatnya saat parkir," katanya.

Kemudian, sediakan lap khusus kaca dan pisahkan dengan lap bodi karena riskan akan baret pada kaca mobil.

Dalam kesempatan ini, Bosch Indonesia memperkenalkan program keselamatan berkendara yaitu "Berkendara Aman #TenangAdaBosch" dengan membagikan dua ribu wiper gratis tipe Bosch Clear Advantage untuk pengemudi taksi online di wilayah Jabodetabek.

"Melalui kampanye ini, kami ingin pengemudi taksi online merasakan langsung suku cadang berkualitas dari Bosch, terlebih pada wiper yang dapat meningkatkan performa berkendara dalam cuaca yang tak menentu," kata Griselda Iwandi sebagai Country Director of Mobility Aftermarket Bosch di Indonesia.

Sebagai informasi, program ini berlangsung mulai dari 6 Juni sampai 10 Juni 2024, dengan cara mengisi digital form yang tersedia di akun Instagram resmi Bosch Mobility after market, yaitu @boschautomotiveid.

Selanjutnya pendaftar diminta mengisi mengenai data kendaraan serta bengkel yang ingin dituju untuk proses pemasangan.

Adapun proses pemasangan akan dimulai tanggal 13 Juni sampai 30 Juni 2024, berikut beberapa lokasi bengkel rekanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya