Tips Merawat Ban Motor agar Awet dan Tidak Cepat Botak

Ilustrasi ban motor
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, 27 Oktober 2023Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Ban yang baik dan terawat akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Ada Kabar Baik untuk Penggemar Motocross

Namun, ban juga bisa mengalami keausan seiring dengan pemakaian. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat ban motor agar awet dan tidak cepat botak.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

Yakin Gak Ketawa! Ini Istilah Kocak Nama-nama Onderdil Motor di Bengkel

1. Rutin membersihkan ban
Kotoran, debu, batu, atau pasir yang menempel di ban dapat menyebabkan keausan yang tidak merata. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan ban secara rutin. Anda bisa menggunakan sikat dan air sabun untuk membersihkan ban.

Ilustrasi mencuci ban motor

Photo :
  • Wahana Honda
40 Ton Logistik MXGP Tiba di Lombok Hari Ini

2. Rutin cek tekanan angin ban
Tekanan angin ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan keausan yang tidak merata. Tekanan angin ban yang terlalu rendah dapat menyebabkan ban mudah bocor dan cepat botak. Sedangkan tekanan angin ban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ban mudah retak dan pecah.

3. Hindari beban berlebih
Beban berlebih dapat menyebabkan ban cepat aus. Oleh karena itu, hindari membawa beban berlebih saat berkendara.

4. Hindari parkir di bawah terik matahari
Terik matahari dapat menyebabkan tekanan angin ban meningkat. Hal ini dapat menyebabkan ban cepat botak. Oleh karena itu, hindari parkir motor di bawah terik matahari.

5. Pilih ban yang sesuai
Pilih ban yang sesuai dengan tipe motor dan kebutuhan berkendara Anda. Ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merawat ban motor Anda agar awet dan tidak cepat botak. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya