Parkir Motor Pakai Standar Tengah Banyak Untungnya

Motor Ducati Scrambler terbaru
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA Otomotif – Para pemilik kendaraan sepeda motor pasti tidak asing dengan komponen standar, yang berada di bagian bawah kaki-kaki bodi. Diketahui, komponen tersebut memiliki dua jenis yaitu standar samping dan tengah.

Modif Simpel Yamaha Gear Ultima 125 dari Katros Garage, Modal Cuma Rp5 Juta

Kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan pemakaian pemilik motor. Secara umum, fungsi standar pada kuda besi untuk menahan atau menyanggah sepeda motor agar bisa tetap berdiri. 

Sesungguhnya tidak hanya untuk menahan saja, tetapi ada beberapa fungsi lain pada standar dan jarang diketahui. Lantas, apa saja? Dikutip VIVA dari WahanaHonda, Rabu 3 Agustus 2022, ada fungsi lengkap dari standar kendaraan roda dua, berikut fungsinya.

Polisi Imbau Masyarakat Jadikan Motor sebagai Alternatif Terakhir untuk Mudik

Standar tengah pada sepeda motor.

Photo :
  • Istimewa

Fungsi pertama, jika pengguna sepeda motor menggunakan standar tengah maka tingkat kesimbangan lebih baik dan aman dari pada menggunakan standar samping atau satu. Bahkan, motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang.

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Mudik dengan Motor

Perlu diketahui, biasanya parkir di tempat umum pasti lebih disarankan memarkir dengan standar tengah oleh juru parkir. Selain untuk keselamatan motor,  parkir dengan standar tengah juga bisa membuat ruang memuat banyak motor.

Fungsi lainnya yakni ketika menggunakan standar tengah saat diparkir di jalan menanjak atau menurun, tidak akan bergeser dan lebih kokoh. Sebaliknya, apabila menggunakan standar samping maka kemungkinan motor akan mengalami jatuh. Untuk itu, usahakan menggunakan standar tengah agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Selain menambah kokoh, fungsi standar tengah dapat membuat shockbreaker lebih awet, lantaran tidak mendapat beban berlebihan. Bahkan pelumasan oli pada motor akan lebih merata jika menggunakan standar dua.

Sementara, jika menggunakan standar samping dalam waktu lama, oli hanya akan terkumpul di sebelah kiri mesin dan bagian kanan tidak terlumasi secara sempurna.

Untuk fungsi terakhir pada standar tengah adalah memudahkan saat mencuci motor. Menggunakan jenis standar tersebut dapat memberi kemudahan untuk dibersihkan, dan bisa membantu bagian tidak terjangkau jika motor diparkir dengan standar samping.

Kawasaki Z900 SE

Kawasaki Z900 dan Z900 SE Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai Rp199 Jutaan

Kawasaki Indonesia akhirnya meluncurkan motor gede terbarunya, yakni Kawasaki Z900 dan Z900 SE.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2025