Cara yang Harus Dilakukan Agar Lampu Motor Tetap Awet
- www.welovehonda.com
VIVA Otomotif – Lampu pada sepeda motor merupakan komponen yang punya fungsi penting, pasalnya selain dibutuhkan saat berkendara malam hari, saat ini lampu motor wajib hidup setiap saat, karena aturan lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari juga.
Lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari, bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.
Oleh sebab itu karena kegunaan lampu yang selalu hidup saat penggunaan sepeda motor, serta seiring usia motor yang terus bertambah, beberapa komponen kelistrikan di sepeda motor juga ikut melemah.
Ini menyebabkan lampu motor ikut redup, sehingga pandangan pengendara sedikit kurang jelas ketika berjalan malam hari.
Seperti dikutip dari siaran pers main dealer Yamaha Sumatera Selatan dan Bengkulu, PT Thamrin Brothers, memberikan tips cara merawat lampu motorÂ
Pertama, semua perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting. Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor, pemilik harus memastikannya bebas dari air.Â
Caranya dengan rutin mengecek kondisi batok penutup lampu sudah terpasang dengan baik, pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar di sela-selanya, terutama saat kondisi hujan lakukan pengecekan secara berkala.
Kedua, faktor utama dalam merawat lampu motor yaitu, pemilik motor harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin.Â
Berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan, yang dapat membuat pelindung lampu atau batok motor rusak.
Memarkir motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu penerangan lampu.
Ketiga dikhususkan bagi para pecinta modifikasi motor, yang kerap melakukan ubahan pada motor kesayangan mereka, termasuk pada bagian lampunya.Â
Dalam melakukan modifikasi ini, pemilik motor harus tetap memperhatikan jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motornya mati atau korsleting di bagian kelistrikan motor.