Cara Membedakan Pelek dari Proses Pembuatannya

Perbedaan cara pembuatan pelek mobil
Sumber :
  • HSR Wheel

VIVA – Pelek menjadi salah satu bagian dari mobil, yang paling sering diganti oleh pemilik. Tujuannya, agar kendaraan bisa tampil lebih keren dan berbeda.

Pengakuan Mengejutkan Ojol Pencuri Velg dan Ban Mobil di ITC Cempaka Mas

Harga pelek mobil yang ditawarkan di pasaran berbeda-beda. Tak hanya impor, saat ini juga ada pelek buatan dalam negeri yang kualitas dan desainnya tidak kalah menarik.

Meski berasal dari merek yang sama, namun banderolnya bisa terpaut cukup jauh. Ternyata, hal itu dipengaruhi oleh cara pembuatannya.

Modifikasi Pelek Mobil Bergaya Racing dan Retro Kini Semakin Mudah

Community Manager HSR Wheel, Aldhy Rais mengatakan bahwa pada dasarnya pembuatan pelek terbagi menjadi tiga cara, yakni casting, flow forming dan forged.

Casting adalah pelek yang dibuat dengan cara dicetak, dengan cara melelehkan material menjadi cairan dan kemudian dituang ke cetakan. Karena prosesnya sederhana, biaya produksi jadi lebih murah dan waktu pembuatan lebih singkat.

Bingung Mau Beli Velg Motor Dimana? Pastikan Anda Membeli Velg Motor Terbaik Hanya di Tokopedia

Flow forming adalah pengembangan dari jenis casting dan terdiri dari beberapa tahap, yakni dicetak dan kemudian ditekan serta ditarik.

“Dalam kondisi setengah jadi, bagian pinggirnya kemudian dibentuk menjadi pelek utuh. Dengan cara ini, kepadatan material dan kekuatannya lebih baik, namun harganya jadi lebih mahal,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 8 Maret 2021.

Terakhir adalah forged, yang awalnya berbentuk aluminium padat. Prosesnya menjadi sebuah pelek yakni dipanaskan dan ditekan. Harga paling mahal, sebab banyak bahan baku yang terbuang.

Sebagai informasi, HSR Wheel mendapat kehormatan membuat satu set pelek untuk mobil satu-satunya di Indonesia, yakni Mazda Miata milik influencer Fitra Eri.

Mereka hanya akan membuat pelek tersebut, sementara desainnya didapatkan dari kompetisi yang bakal digelar 8-14 Maret mendatang.

“Saya sih pengennya desain pelek buat Miata ini tampil sporty berbalut elegan. Ada sedikit unsur mature atau dewasa. Ini adalah hal yang menarik, Mazda Miata satu-satunya di Indonesia yang dipasangkan pelek satu-satunya di Indonesia juga,” tutur Fitra.

Selain mendapatkan uang tunai sebagai hadiah, pemenang juga berkesempatan mendapatkan pelek yang sama versi casting dan berkendara dengan Miata. Informasi lengkapnya bisa dilihat di media sosial HSR Wheel dan FItra Eri.

Vina: Sebelum 7 Hari

Pengakuan Ojol Curi Velg-Ban di ITC Cempaka Mas, 62 Kolonel TNI Pecah Bintang

Aparat Kepolisian berhasil menangkap pelaku pencurian velg dan ban mobil di parkiran ITC Cempaka Mas. Pelaku yang merupakan pengemudi ojol membeberkan alasannya curi ban

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024