Bikin CVT Skuter Matik Kembali Asik Usai Kebanjiran

Pipa pembuangan air di rumah CVT skuter matik
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA – Transmisi continuous variable transmission atau CVT menjadi nyawa dari sepeda motor jenis skuter matik. Jika bagian ini rusak, maka kendaraan tidak dapat digunakan.

Motor Baru Suzuki Meluncur, Irit BBM dan Lebih Murah dari Honda Stylo

Biaya penggantian komponennya juga lumayan menguras kantong, terutama jika banyak yang rusak. Cara kerjanya yang berbeda dari transmisi motor pada umumnya, membuat CVT harus diperlakukan spesial.

Transmisi jenis ini menggunakan sistem tanpa pelumas, kondisinya harus bersih dan kering setiap saat agar bisa berfungsi dengan normal.

Jangan Anggap Sepele, Ini Efeknya Jika Oli Gardan Motor Matik Dibiarkan

Salah satu hal yang bisa membuatnya rusak, yakni saat motor kebanjiran dan air masuk ke dalam rumah CVT. Jika ini terjadi, maka komponen akan mengalami selip dan roda belakang tidak bisa berputar.

Pada musim hujan seperti yang segera tiba, kemungkinan tersebut dapat saja terjadi sewaktu-waktu. Apalagi, jalanan di perkotaan kerap berubah jadi genangan usai hujan turun dengan derasnya.

Honda Luncurkan Motor Matik yang Bikin Gerah Yamaha NMAX dan Lexi

Buat kamu yang mengalami rumah CVT kemasukan air dan roda tidak bisa berputar, ada satu trik mudah untuk mengatasinya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil, Jumat 30 Oktober 2020, pada setiap rumah CVT ada pipa kecil yang ujungnya disumbat menggunakan karet atau plastik.

Fungsinya adalah sebagai pipa pembuangan air. Buka tutup tersebut, kemudian hidupkan mesin. Air akan keluar dari pipa, seiring bertambahnya putaran mesin.

Saat rumah CVT mulai kering, maka roda belakang akan kembali berputar. Tutup lubang tersebut, lalu kendarai motor ke bengkel terdekat untuk menjalani proses pembersihan secara total.

Baca juga: Motor Mirip Tunggangan Paspampres Dipakai Belanja Sayur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya