Jangan Semprot Spatbor Belakang Motor Terlalu Lama
- www.suksestrikonlineblogspot.com
VIVA – Guna meningkatkan efisiensi bahan bakar, pabrikan sepeda motor mengubah sistem pengabutan, dari karburator menjadi injeksi. Sistem baru tersebut dikendalikan oleh beberapa perangkat elektronik.
Agar tidak mudah rusak, produsen sudah merancang komponen dengan pelindung khusus. Meski demikian, bukan berarti pengguna bisa sembarangan memperlakukan kendaraan tersebut.
Dilansir dari 100kpj, Kamis 28 Maret 2019, salah satu yang harus diperhatikan para pemilik motor injeksi, adalah soal cara mencucinya. Ada beberapa bagian dari kuda besi, yang sebaiknya tidak terpapar air secara berlebihan.
Bagian pertama adalah di atas mesin. Pada lokasi tersebut, terdapat soket dan throttle body. Soket adalah sambungan kabel kelistrikan sepeda motor, sedangkan throttle body yakni pengatur udara yang dibutuhkan untuk pembakaran mesin.
Pada throttle body, terpasang beberapa sensor, dan mungkin juga injektor bahan bakar. Apabila terkena semprotan air bertekanan tinggi, maka bisa menimbulkan korsleting.
Bagian motor kedua yang sebaiknya tidak disemprot air secara berlebihan, yakni bagian spatbor belakang. Sebab, ada komponen engine control module atau ECM, yang diletakkan di atas spatbor.
Jika air bertekanan tinggi disemprotkan di bagian tersebut, dikhawatirkan bisa menembus dari sisi-sisi yang kurang rapat. Cara paling gampang untuk membersihkan bagian ini, yaitu diseka menggunakan lap basah.