Modifikasi Skutik Pakai Ban Off-road, Jangan Salah Kaprah

Ilustrasi ban off-road untuk motor
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Dunia modifikasi tidak mengenal batasan jenis dan merek kendaraan. Semua model bisa dijadikan kanas untuk menuangkan kreativitas para pehobi dunia otomotif, termasuk sepeda motor jenis skuter mati.

Ini Motor yang Paling Laku di Indonesia Tahun 2024

Tidak hanya dibuat bergaya motor balap saja, ada juga skuter matik yang diubah menjadi kendaraan perambah segala medan.

Salah satu ciri khas skutik ala off-road adalah tidak lagi menggunakan ban dengan kembang halus. Ban yang digunakan, yakni yang bisa menggaruk tanah dengan mudah, baik di roda depan maupun belakang.

Honda Luncurkan Skuter Matic Terbarunya dengan Harga Rp29 Jutaan

Namun, tidak banyak yang tahun, bahwa mengganti roda standar skutik dengan ban pacul ternyata harus mengikuti kaidah yang sama di motor trail.

Department Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro mengatakan, jika sudah dimodifikasi untuk grasstrack atau off-road, diameter roda depan skutik harus lebih besar dibandingkan roda belakang.

Honda Resmi Luncurkan Skuter Matik Baru

"Ban belakang masih tetap ukuran standar, karena rumah roda pada bagian belakang sangat terbatas. Terutama pada motor matik, karena ada CVT. Diameter rodanya tidak bisa dimaksimalkan," ujarnya di Jakarta, Minggu 24 Februari 2019.

Ibnu mengatakan, penggunaan ban pacul untuk skutik off-road yang umum adalah menggunakan diameter 17 inci di depan, dan diameter 14 inci di belakang.

"Ban belakang 14 ukuran 90/100, tidak terlalu besar namun cukup lebar. Sementara, ban depan menggunakan ukuran 70/100 dengan diameter 17 inci. Itu yang kami sarankan," tuturnya.

Alasan menggunakan diameter roda yang berbeda, jelas Ibnu, karena roda depan menerima guncangan yang lebih besar. Alhasil, dibutuhkan roda yang lebih kuat.

Suzuki Access 125 edisi 2025

Skuter Matik Suzuki Rp15 Jutaan Sudah Tersedia di Diler

Motor baru Suzuki hadir dalam tiga varian.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2025