Rahasia Kawasaki Masih Pakai Karburator di Motor Retro W175
- nandoblogspot
VIVA – Kawasaki Motor Indonesia secara resmi meluncurkan motor retro terbaru W175 dalam acara Kawasaki Bike Week di Ancol, Jakarta hari ini. Mengusung konsep retro, motor terbaru pabrikan Jepang ternyata masih menggunakan karburator untuk menyalurkan bahan bakarnya ke ruang mesin.
Hal tersebut pun tentu mengundang tanya. Terlebih sistem injeksi saat ini sudah diusung hampir seluruh motor terbaru karena dinilai lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Deputy Head Sales and Promotion Division (KMI), Michael Chandra Tanadhi, menjelaskan alasannya. "Karena motor ini memiliki konsep authentic retro, jadi dia pakai karburator. Selain itu agar gampang dimodifikasi, karena memang itu konsep kita," ujarnya di Jakarta, Sabtu 18 november 2017.
Selain itu Michael mengatakan, W175 menggunakan basic engine eliminator 175 cc. Sehingga sistem itu memungkinkan karburator masih tetap dipertahankan.
"Basic engine betul dari eliminator 175 tapi kami refresh, sehingga secara basic sih new engine," ujarnya.
Sebagai informasi, W175 menggunakan mesin berkapasitas 177cc single piston yang mampu menyemburkan torsi hingga mencapai 13,2 Newton Meter (NM) pada 6.000 RPM. Sehingga motor retro itu memiliki tenaga maksimal 9,6 kW (13 PS) pada 7.500 RPM, dan dilengkapi dengan karburator Mikuni VM24. (ren)