Membandingkan Lima Skutik 150cc, Mana Paling Kencang?
- EA's blog
VIVA – Segmen skuter matik kelas premium kini semakin gempita, pilihannya pun beragam. Sebut saja dari Honda yang menawarkan Vario 150 eSP, PCX 150, hingga SH150i. Sedangkan Yamaha memiliki Aerox 155 dan NMax 150. Lantas dari kelimanya, mana yang tenaganya paling besar alias paling gesit di jalan raya?
Berdasarkan data yang dirangkum VIVA.co.id, sebenarnya basis mesin yang digunakan pada Vario 150 eSP dan PCX 150 adalah sama. Namun keduanya tentu diatur berbeda. Jika Vario diset nyaman untuk perjalanan komuter, sementara PCX sebagai penjelajah jarak jauh.
Secara tegas perbedaan pada kedua motor mesinnya adalah pada ukuran piston. Bila diukur presisi, piston Vario 150 berdiameter 57.27 milimeter, sedangkan piston PCX menggunakan ukuran 57.9 mm. Adapun langkah piston tetap sama 57,9 mm. Hal ini membuat kapasitas silinder berbeda, yakni Vario 150 eSP hanya 149,3cc, sedangkan PCX mencapai 152,9cc. Sementara kompresi tetap sama 10,6:1.
Honda PCX. Foto: Dok Honda
Di atas kertas, tenaga Vario 150 eSP adalah 12,4 daya kuda pada kitiran 8.500 rpm dan torsinya 12,8 newton meter pada 5.000 rpm. Kalau PCX 150, menyentuh 13,1 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsinya 13,1 nm pada 5.500 rpm.
Selanjutnya adalah Honda SH150i. Skutik penantang tangguh Piaggio Medley ini tampil perdana di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 lalu. SH150i dibekali dapur pacu Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 150cc berteknologi eSP (Enhanced Smart Power).
Honda SH150i. Foto: Dok VIVA.co.id
Soal tenaga, mesin yang digendongnya sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 14,6 daya kuda pada 8.250 rpm, dengan torsi 13,9 newton meter pada 6.500 rpm. Lebih tinggi dari Vario 150 dan PCX
Yamaha Aerox 155. Foto: Dok VIVA.co.id
Lantas bagaimana dengan Yamaha? Untuk model Aerox 155, motor yang didaulat sebagai skutik sport ini memang cukup kencang dalam urusan performa. Di atas kertas, motor yang dibekali mesin 155,1cc dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) ini memiliki semburan tenaga 14,7 daya kuda di 8.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.250 rpm.
Yamaha NMax. Foto: Paultan
Beralih ke NMax, tenaganya ternyata sama dengan Aerox 155. Di atas kertas, Yamaha NMax 150 mampu hasilkan tenaga 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm di putaran 6.00 rpm. Angka ini juga lebih tinggi dari PCX 150. Jadi urutan berdasarkan tenaga tentu, Yamaha NMax, Yamaha Aerox, Honda SH150i, Honda PCX 150 dan terakhir Vario 150 eSP.