Penjualan GSX-R Melejit, Honda CBR150R Terancam?
- ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id – Persaingan sepeda motor sport fairing kelas 150cc di Tanah Air makin ketat. Para jenama tampak terus melakukan perang strategi agar produknya laris dipilih masyarakat. Ada tiga produk yang bersaing ketat, yakni Honda CBR150R, Yamaha R15, dan Suzuki GSX-R150.
Namun, ada sebuah fakta menarik yang dipertontonkan Suzuki. Meski terbilang pendatang baru, penjualan GSX-R150 sudah mulai meneror dua rival lainnya. Kondisi ini terlihat dalam data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) per Mei 2017.
Data menyebut GSX-R150 berhasil terdistribusi secara domestik per Mei 2017 sebanyak 4.860 unit. Memang belum sebanyak distribusi yang dicatat CBR150R yakni 7.433 unit, atau Yamaha R15 terbaru dengan 8.474 unit pada periode sama. Tetapi, setidaknya gambaran ini memperlihatkan angka yang mengejutkan bagi sebuah motor baru sekelas GSX-R150.
Terkait itu, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia turut angkat bicara. Menurut Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, Honda tidak merasa terancam dengan kehadiran GSX-R150.
Honda CBR150R. Foto: Dok VIVA.co.id
"Sejauh ini CBR150R masih stabil (penjualan). Dengan harga Rp33 jutaan, penjualan kami hingga Mei 2017 tercatat 33,9 ribuan unit. Kalau soal Suzuki (GSX-R150), kami enggak merasa terancam, justru pasar jadi lebih lebar, lebih tumbuh," kata Thomas kepada wartawan saat ditemui di Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.
Honda hingga kini mengapresiasi produk-produk baru yang terus berdatangan membanjiri pasaran. Dengan begitu, akan ada banyak pilihan sepeda motor yang bisa jadi perbandingan para konsumen. Semua tentu dikembalikan ke konsumen.
"Kami harap tentu pasar lebih tumbuh, memberikan pasar yang lebih besar, lebih baik," kata dia. (art)