Cara Rawat Motor Sport, Jangan Salah Kaprah
- VIVA.co.id/Dian Tami
VIVA.co.id – Merawat motor sport yang memiliki mesin besar memang butuh cara khusus. Seperti halnya line-up motor besar MV Agusta yang memiliki perhatian pada komponen baterai karena mudah drop.
Presiden MV Agusta Owner Club Indonesia, Febby Sagita, mengatakan, perawatan pada motor yang jarang dipakai memang butuh ekstra, terlebih bagi pemilik limited edition seperti F4 RC, F4 Senna, F3 Ago, dan F3 Oro.
"Yang terpenting mesin harus sering dipanasi, sebab aki sering bermasalah, dua sampai tiga kali seminggu cukup," ujarnya kepada VIVA.co.id.
Kalau tidak mau repot, kata dia, lebih baik memiliki alat suplai baterai jadi tinggal colok saja. "Kalau moge Italia, bukan hanya MV Agusta yang menawarkan alat suplai baterai," katanya.
Menurut dia, kelistrikan di motor gede memang penting. Apa pun itu mereknya. Jepang, Italia, dan Jerman pun sama saja, motor butuh kelistrikan yang besar untuk mengangkat starter.Â
"Begitu baterai sudah di bawah 12,5 volt pasti susah menyala. Makanya, mesin motor lebih baik dinyalakan dan baik dibawa jalan," tutur Febby. (art)