Bahaya Cuci Steam pada Motor Sport
- Aripitstop
VIVA.co.id – Jika dilihat secara seksama, posisi tangki sepeda motor memiliki letak yang berbeda-beda tiap modelnya. Untuk bebek dan skuter matik (skutik) misalnya, letak tangki sepeda motor berada di bagian dalam, tepat di bawah jok motor.
Posisi ini diklaim lebih aman terhadap masuknya air hujan ke sela-sela tangki bensin. Lain halnya dengan motor jenis sport, di mana posisi tangki berada di atas, dan 'terbuka'. Posisi inilah yang memang disebut rentan kemasukan air saat tengah melakukan pencucian umum steam, atau terkena hujan.
Head of Training PT Wahana Motor Sakti (WMS), Saptono mengatakan, meski posisi tangki berada di luar, namun tak memengaruhi kinerjanya untuk bisa menahan air masuk ke dalam tangki. "Aman kok, soalnya ada desain khusus dan sudah dilakukan pengujian. Jadi selama seal dan juga karet tidak rusak, akan aman terhadap air hujan yang mengguyur bodi motor," kata Saptono kepada VIVA.co.id.
Lain halnya jika tangki motor langsung disemprot oleh air yang bertekanan tinggi, seperti dicuci steam. Air sangat memungkinkan bisa dapat masuk ke dalam lapisan tangki sepeda motor. "Soalnya bisa jadi ketika disemprot seal dan karet rusak akibat tekanan yang tinggi dan itu bisa saja kemasukan air," ujarnya menambahkan.Â
Maka itu Saptono menyarankan agar para pemilik sepeda motor sport selalu melakukan pengecekan karet dan seal pada tangki motor. Sebab jika tidak dirawat, tentu sangat berisiko terhadap kerusakan tangki motor. "Bisa-bisa berkarat dan bocor, kalau sudah begitu gantinya mahal. Makanya diperhatikan juga teknik mencuci motornya, jangan disemprot dengan tekanan air yang tinggi, supaya menjaga tangki bensin aman dan bahan bakar tidak tercampur air," tuturnya. (mus)