Benarkah Perawatan Motor Berpenggerak Gardan Rumit?
- Yasin Fadilah/VIVA.co.id
VIVA.co.id – Selain rantai, ada beberapa produsen sepeda motor yang memercayakan penggerak roda kepada gardan. Salah satunya yakni BMW Motorrad.
Sistem penggerak gardan yang digunakan pada motor cara kerjanya sama seperti yang ada pada mobil. Batang besi dengan gir di kedua ujungnya, berfungsi menghubungkan transmisi dengan roda belakang.
Lalu, karena sistemnya sedikit berbeda dengan penggerak rantai, apakah perawatannya terbilang rumit?
Menurut Service manager BMW Motorrad TB Simatupang, Gunawan Indrajati, perawatan gardan pada motor sebetulnya tidak serumit yang dibayangkan.
"Tidak sulit kok, perawatannya juga tidak intensif seperti motor yang menggunakan rantai atau belt. Soalnya, gardan kan memiliki wadah yang isinya oli pelumas gir. Jangka waktu penggantian oli yakni beberapa ratus ribu kilometer,” ujarnya.
Kendati demikian, ada satu komponen yang perlu diperhatikan agar, agar gardan tetap aman digunakan dan tahan lama.
"Kalau diperhatikan, gardan itu kan ada couple joint. Nah, karetnya itu perlu diperhatikan. Kadang-kadang kalau bocor karetnya, air bisa masuk dan bikin gardan berkarat," katanya.
Untuk itu, Gunawan menyarankan kepada para pemilik motor agar merawat dengan baik karet gardan, agar kinerja motor tidak terganggu.
"Kalau sudah terlihat ada sobekan, harus segera dilakukan pergantian. Tapi, komponen ini sebenarnya jarang rusak,” kata Gunawan.
(ren)