Cari Motor Listrik Honda Tidak Lagi Susah
- Astra Honda Motor
Jakarta, VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) terus berupaya memperluas penetrasi motor listrik di pasar Indonesia. Executive Vice President PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, menyebutkan bahwa pemasaran dan distribusi motor listrik Honda telah menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia.
“Kami sudah mulai pengiriman untuk CUV e:, dan tetap menerima permintaan pasar. Distribusi telah menjangkau hampir semua area di Indonesia,” ujarnya belum lama ini di IIMS 2025, dikutip VIVA Jumat 21 Februari 2025.
Respon pasar terhadap motor listrik Honda, menurutnya, masih positif. Ia optimistis bahwa edukasi yang telah dilakukan di awal akan mempercepat adopsi motor listrik di masyarakat.
“Kalau dibandingkan sebelumnya, harusnya penetrasi ke pasar lebih cepat. Animo besar kecilnya nanti kami lihat seiring waktu,” tuturnya.
Servis motor listrik Honda EM1 e:
- Astra Honda Motor
Meski demikian, tantangan dalam penjualan motor listrik tetap ada. Thomas menyoroti beberapa faktor yang mempengaruhi adopsi motor listrik di Indonesia.
“Kami enggak bilang susah atau mudah, karena kembali lagi ke pasar dan konsumen. Ada beberapa faktor yang masih menjadi tantangan, seperti teknologi performa yang belum bisa sepenuhnya menyamai motor bensin, infrastruktur yang masih terbatas, serta aspek keamanan, kenyamanan, dan after sales yang perlu diperkuat,” jelasnya.
Pada tahun lalu, Honda lebih fokus pada pengenalan dan edukasi produk motor listriknya, khususnya model EM1 e: dan EM1 e: Plus. Perusahaan berupaya membangun ekosistem yang mendukung kendaraan listrik, termasuk infrastruktur pengisian daya dan layanan purna jual.
“Kami berusaha memberikan edukasi kepada pasar mengenai motor listrik yang aman, nyaman, dan memiliki teknologi yang mumpuni. Kami juga menyediakan ekosistem yang mendukung, mulai dari infrastruktur, jaringan, after sales, hingga pembiayaan,” kata Thomas.
Ke depan, Honda berharap dapat terus menerima masukan dari konsumen untuk pengembangan produk yang lebih baik. Dengan strategi pemasaran yang terus diperkuat dan edukasi yang berjalan, Honda optimistis bahwa motor listrik akan semakin diterima di pasar Indonesia.
“Berjalannya waktu, bertahap ini akan menjadi kebutuhan mobilitas bagi pasar dan konsumen di Indonesia,” jelasnya.